Penulis Utama : Nh Dyah Retno Poernaningsih
NIM / NIP : S081608019
×

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode proyek dan eksperimen pada pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan dilaksanakan dari bulan Februari 2019 - Mei 2019. Populasinya adalah semua siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu X TPM C dengan metode eksperimen dan X TPM D dengan metode proyek. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk hasil belajar kognitif, sedangkan angket untuk kreativitas belajar siswa. Uji hipotesis dengan uji parametrik yaitu anava.

Dari hasil olah data disimpulkan: 1) ada pengaruh metode pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan metode proyek dan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika, 2) Ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisika, 3) Tidak ada pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar fisika, 4) Ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar (kognitif). Tetapi pada hasil belajar psikomotorik tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah, 5) Tidak ada   interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas belajar terhadap hasil belajar fisika, 6) Tidak ada   interaksi antara kemampuan  pemecahan  masalah  dan  kreativitas  terhadap  hasil  belajar  fisika,  7) Tidak ada   interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas terhadap hasil belajar fisika.
Kata Kunci: metode proyek, metode eksperimen, pemecahan masalah, kreativitas belajar, fluida statis.

×
Penulis Utama : Nh Dyah Retno Poernaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S081608019
Tahun : 2020
Judul : Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Proyek dan Eksperimen Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kreativitas Belajar pada Siswa SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Prodi Magister Pendidikan Fisika-S081608019-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd,
2. Ahmad Marzuki, S.Si, Ph.D,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.