Penulis Utama : Putri Anggraeni
NIM / NIP : H0815099
×

Industri pengolahan Marning Jagung merupakan salah satu usaha yang dapat meningkatkan nilai tambah, meningkatkan kualitas hasil, meningkatkan penyerapan tenaga kerja, meningkatkan keterampilan produsen, dan meningkatkan pendapatan produsen. Keuntungan produsen marning jagung bergantung pada besarnya penerimaan dan biaya yang dikeluarkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan, keuntungan, efisiensi, risiko, dan nilai tambah dari usaha rumah tangga marning jagung di Kabupaten Magelang.

Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Magelang. Penentuan daerah sampel dilakukan secara sengaja (purposive) yaitu Kabupaten Magelang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sensus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan yaitu dengan  analisis  biaya,  penerimaan,  keuntungan,  analisis  efisiensi  usaha,  analisis risiko usaha, serta analisis nilai tambah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya total rata-rata yang dikeluarkan oleh produsen marning jagung di Kabupaten Magelang selama satu bulan sebesar Rp 9.762.778,00.   Penerimaan   rata-rata   yang  diperoleh  setiap   produsen   adalah Rp 11.019.200,00   per  bulan  dan  keuntungan  rata-rata  yang  diperoleh  sebesar Rp 1.256.422,00   per bulan. Usaha rumah tangga marning jagung yang dijalankan selama ini sudah efisien yang ditunjukkan dengan R/C rasio lebih dari 1 yaitu sebesar 1,12  yang  berarti  setiap  Rp  1,00  biaya  yang  dikeluarkan  akan  memberikan penerimaan sebesar 1,12 kali dari biaya yang telah dikeluarkan. Besarnya nilai koefisien   variasi   1,27   dan   nilai   batas   bawah   keuntungan   adalah   minus Rp 1.933.424,00. Hal ini dapat diartikan bahwa usaha marning jagung yang dijalankan di Kabupaten Magelang memiliki risiko usaha. Pengolahan jagung menjadi marning jagung yang dilakukan oleh produsen marning jagung di Kabupaten Magelang memberikan nilai tambah  sebesar Rp 2.038,00/kg.

 

×
Penulis Utama : Putri Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0815099
Tahun : 2018
Judul : Analisis Usaha Marning Jagung Skala Rumah Tangga di Kabupaten Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H0815099-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.