Penulis Utama : Rahma Natatama
NIM / NIP : K7116152
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah materi kecepatan dan debit berdasarkan teori John Dewey pada peserta didik kelas 5B SD Djama’atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini akan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan langkah berpikir reflektif John Dewey.  

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas 5B SD Djama’atul Ichwan yang terdiri dari enam anak sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi Uji validitas data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Data dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, analisis data, serta penyajian data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik mampu menentukan masalah dengan memenuhi dua indikator yang ditentukan. Peserta didik cukup mampu merumuskan dan mengevaluasi hipotesis pemecahan masalah karena hanya memiliki satu cara sebagai alternatif pemecahan masalah sehingga hanya memenuhi satu indikator dari dua indikator yang ditetapkan. Peserta didik cukup mampu menerapkan cara pemecahan masalah yang dipilih karena belum mampu menuliskan langkah pemecahan masalah dengan sistematis sehingga hanya memenuhi tiga indikator dari empat indikator yang ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik tidak berhasil memenuhi indikator menentukan beberapa alternatif pemecahan masalah dan indikator alur pemecahan masalah ditulis dengan sistematis.

 

×
Penulis Utama : Rahma Natatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116152
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kecepatan dan Debit Berdasarkan Teori John Dewey Pada Peserta Didik Kelas 5B SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116152-2020
Kata Kunci : Pemecahan masalah, John Dewey
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.