Penulis Utama : Rizkie Ika Fauziyyah
NIM / NIP : K7116172
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah soal cerita matematika pada peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang II No. 171 Surakarta dengan menerapkan strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif, analisis kritis, dan analisis interaktif model Miles & Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah soal cerita pada pratindakan adalah 39 dengan ketuntasan klasikal 4%. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 63 dengan ketuntasan klasikal 32%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 83 dengan ketuntasan klasikal 84%. Simpulan penelitian ini adalah penerapkan strategi REACT dengan langkah-langkah dan media yang tepat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah soal cerita matematika pada peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang II No. 171 Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Rizkie Ika Fauziyyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116172
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Strategi Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Materi Satuan Kecepatan (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Pajang II No. 171 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116172-2020
Kata Kunci : REACT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.