Penulis Utama : Surya Aymanda Nababan
NIM / NIP : S861802021
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sejarah mengenai peninggalan Sejarah Situs Kota Cina di SMA PAB 1 dan SMA 11 Kota Medan, (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah mengenai peninggalan sejarah Situs Kota Cina di SMA PAB 1 dan SMA 11 Kota Medan, (3) Mengetahui pemanfaatan peninggalan sejarah Situs Kota Cina sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA PAB 1 dan SMA 11 Kota Medan, (4) Mengetahui hambatan dan solusi pembelajaran sejarah mengenai peninggalan sejarah Situs Kota Cina di SMA PAB 1 dan SMA 11 Kota Medan.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dan sumber data terdiri dari informan/narasumber, proses pembelajaran, dokumen seperti silabus, RPP, Progam Tahunan, Program Semester, dan media pembelajaran serta fasilitas  lainya yang mendukung penelitian. Mengolah data melalui observasi, wawancara, dan analis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang dilaksanakan melalui tiga komponen yakni : reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran sejarah di SMA PAB 1 Medan dan SMA N 11 Medan meliputi : (1) Materi Situs Kota Cina belum masuk di dalam RPP namun sudah diterapkan dalam pembelajaran sejarah untuk perencanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah meliputi penyusunan Silabus, RPP, Progam Tahunan, Program Semester di buat langsung oleh guru serta, (2) Pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di sekolah SMA PAB 1 Medan dan SMA N 11 Medan telah menggunakan Kurikulum K13 dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas guru masi menggunakan metode wawancara dengan di bantu media seperti portpoin serta guru juga membawa siswa untuk melakukan kunjungan langsung ke Situs Kota Cina dan memberi tugas untuk mengamati di mana dari hasil pengamatan tersebut siswa dapat menulis, dan membuat sebuah video singkat yang selanjutnya akan di persentasikan di kelas, (3) Situs Kota Cina dalam pemanfaatanya di jadikan sebagai sumber belajar oleh guru dikarenakan memiliki nilai edukasi yang tinggi, (4) Hambatan dan solusi dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan situs kota cina lebih kepada ijin yang harus sesuai prosedur serta kurangnya fasilitas pendanaan dari sekolah. Solusinya diharapkan setiap pihak terkait maupun sekolah benar-benar mendukung dalam pembelajaran mengenai situs kota cina ini dikarenakan akan membantu siswa untuk lebih mengenal sejarah lokal yang ada di daerah tempat mereka tinggal.

 

×
Penulis Utama : Surya Aymanda Nababan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861802021
Tahun : 2020
Judul : Analisis Pemanfaatan Situs Kota Cina Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus SMA 1 PAB Medan dan SMA 11 Medan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Sejarah-S861802021-2020
Kata Kunci : Situs Kota Cina
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Leo Agung S. M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.