Penulis Utama : Aldila Nugrahaini
NIM / NIP : F3216007
×

ABSTRAK

Promosi adalah aktivitas komunikasi pemasaran bagi sebuah perusahaan barang atau perusahaan jasa dengan tujuan untuk mengenalkan merek produk perusahaan dan membujuk konsumen agar membeli serta menggunakan produk yang dijual oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi yang dilakukan pada Kusuma Sahid Prince Hotel pada event Cakrawala Budaya Nusantara.
Penelitian ini dilakukan dengan jangka waktu 2 bulan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi (pengamatan), dokumentasi dan wawancara (interview) yang dilakukan oleh peneliti terhadap sales & marketing, marketing communication, dan penanggung jawab event Cakrawala Budaya Nusantara pada Kusuma Sahid Prince Hotel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kusuma Sahid Prince Hotel menerapkan strategi bauran promosi (promotional mix) yaitu: Periklanan (advertising), pemasaran langsung (direct marketing), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), acara dan pengalaman, pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth), dan penjualan personal (personal selling).
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan target pengunjung event malam tahun baru keluarga yang ada di wilayah solo dan sekitarnya. Target pengunjung event “Cakrawala Budaya Nusantara” ini sejumlah 200 pengunjung dan realita nya pengunjung yang datang lebih dari target. Namun pengunjung yang datang hanya pengunjung compossarry dinner dan tiket pengunjung yang non compossarry dinner tidak laku terjual.
Solusi dan saran yang dapat penulis berikan kepada Kusuma Sahid Prince Hotel Solo yaitu: (1) promosi yang dilakukan kurang maksimal, (2) planning event harus mempunyai konsep yang matang, (3) talent berkualitas sehingga event dapat menarik pengunjung.


Kata kunci : Strategi Bauran Promosi, Event, Marketing Communication

 

×
Penulis Utama : Aldila Nugrahaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3216007
Tahun : 2019
Judul : Penerapan strategi bauran promosi oleh divisi Marcomm pada event “Cakrawala Budaya Nusantara” di Kusuma Sahid Prince Hotel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. DIII Manajemen Pemasaran-F3216007-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pram Suryanadi S.E, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.