Penulis Utama : Mufti Akbar
NIM / NIP : G0013156
×

ABSTRAK

Mufti Akbar, G0013156, 2017. Perbandingan Kualitas Pelayanan Rawat Inap antara Kategori Kelas Pembayaran Peserta BPJS di RSUD dr. Moewardi. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Univesitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar   Belakang:  Pada   era   JKN-SJSN,   pasien  sebagai   pengguna   layanan kesehatan berhak mendapatkan kualitas layanan prima. BPJS kesehatan ditunjuk sebagai pengelola utama JKN.. Kualitas layanan menjadi tolak ukur keberhasilan suatu  program  yang  menyeluruh  bagi  semua  lapisan  masyarakat  baik  dari kalangan menengah ke bawah atau pun menengah ke atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kualitas layanan yang ditinjau dari kepuasan pasien BPJS Kelas I dan Kelas III di salah satu rumah sakit rujukan tingkat lanjut, RSUD dr. Moewardi.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik penetapan sampel menggunakan accidental sampling pada pasien rawat inap yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah responden dipilih sebanyak 110 subjek penelitian yang terdiri dari pengguna BPJS kelas I dan Kelas III. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kualitas layanan pasien rawat inap yang dilihat dari skor total kepuasan pelayanan pasien. Variabel bebas adalah kategori kelas pembayaran. Analisis data dilakukan dengan uji Mann Whitney, menggunakan SPSS 23.0 for Windows.

Hasil Penelitian: Pada uji beda kategori kelas pembayaran rawat inap terhadap skor total kualitas layanan yang peneliti lakukan didapatkan nilai p= 0,034

Simpulan: Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kategori Kelas pembayaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas pelayanan rawat inap peserta BPJS di lingkup RSUD dr. Moewardi

 

Kata kunci: Kualitas layanan, Rawat inap, Asuransi kesehatan, INA-Medicare, kelas BPJS

×
Penulis Utama : Mufti Akbar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013156
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Antara Kategori Kelas Pembayaran Peserta BPJS di RSUD dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Prog. ilmu Kedokteran--2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. dr. Endang Sutisna Sulaeman, M.Kes FISPH, FISCM
2. Balgis, dr., MSc CM-FM, Sp.Ak, AIFM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.