Penulis Utama : Muhammad Adi Amali Muzahid
NIM / NIP : G0014141
×

ABSTRAKS

Pendahuluan: Stroke merupakan Penyakit Tidak Menular (PTM) yang menjadi penyebab kematian ke-2 setelah penyakit jantung koroner di dunia. Stroke tersering di Indonesia adalah stroke iskemik. Komplikasi tersering dari stroke iskemik adalah gangguan kognitif. Montreal Cognitive Assessment-versi Indonesia (MoCa-Ina) adalah pemeriksaan untuk mengetahui adanya gangguan fungsi kognitif dengan menggunakan instrumen yang bahasanya sudah diganti kedalam bahasa indonesia.
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penurunan fungsi kognitif berdasarkan lokasi lesi pada pasien stroke iskemik dengan menggunakan kuesioner MoCa-Ina.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek yang digunakan adalah pasien rawat jalan di RSUD Dr. Moewardi Provinsi Jawa Tengah yang didiagnosis stroke iskemik. Proses pengambilan data menggunakan kuesioner MoCa-Ina pada pasien stroke iskemik bulan November
2017  –  Desember  2017. Teknik  pengambilan sampel  melalui  consecutive  sampling dengan sampel minimal 30. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji Mann Withney.

Hasil: Hasil analisis pada 31 sampel penelitian yang terdiri dari 15 subjek pasien stroke iskemik lesi hemisfer kiri dan 16 subjek pasien stroke iskemik hemisfer kanan. menggunakan  uji  Mann  Withney  didapatkan  memiliki  nilai  Asymp.  Sig.  (2-tailed) sebesar  0,000  yang  mana  menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan antara stroke lesi hemisfer kiri dan kanan.

Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan dimana fungsi kognitif  global pada pasien stroke iskemik hemsifer kanan lebih baik daripada stroke iskemik hemisfer kiri .

Kata  Kunci  :  Stroke  Iskemik,  MoCA-Ina,  Gangguan  fungsi  kognitif  global,  Lesi hemisfer kiri, Lesi hemisfer kanan.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Adi Amali Muzahid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014141
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Fungsi Kognitif Global antara Pasien Stroke Iskemik Hemisfer Kiri dan Kanan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Prog. ilmu Kedokteran-G0014141-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.