Penulis Utama : Azmul Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0414007
Tahun : 2020
Judul : Dinamika kelompok perkumpulan petani pemakai air (P3a) Sumber Mulyo dalam kegiatan pengelolaan jaringan irigasi di Desa Pereng Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian - H0414007 - 2020
Subyek : PEMBANGUNAN PERTANIAN, PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR, OPTIMALISASI PROGRAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pendapatan domestic bruto pertanian Indonesia meningkat tajam dalam 5 tahun terakhir. Hal ini membuktikan bahwa pembangunan pertanian di Indonesia saat ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk kemajuan ekonomi bangsa. Salah satu upaya untuk meningkatkan dan mempertahankan peringkat tersebut, peranan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) menjadi penting. Oleh karena itu peneliti meneliti P3A Sumber Mulyo yang pernah mendapat juara 2 tingkat Nasional dan mempunyai SK Bupati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan faktor-faktor apa
saja yang mempengaruhi dinamika kelompok; serta bagaimana hasil kegiatan dan upaya/strategi terbaik agar keberadaan P3A Sumber Mulyo ini dapat berkembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan analisis dokumentasi. Adapun metode analisis data untuk perumusan strategi yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 tahap yaitu tahap input stage untuk mendapatkan kekuatan dan kelemahan, peluang, dan ancaman melalui IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation), kemudian masuk ke tahap SWOT (Strengths- Weaknesses- Opportunities- Threats).
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Faktor kekuatan yang paling
penting dalam dinamika kelompok adalah partisipasi petani yang tinggi dan kepemimpinan yang partisipatif dengan nilai bobot yang sama yaitu masing-masing 0,727. Sedangkan kelemahan terbesarnya adalah pendidikan petani yang rendah dan adanya rangkap jabatan dalam kepengurusan dengan nilai bobot masing- masing sama yaitu 0,409. Untuk peluang yang tertinggi bobot nilainya adalah adanya bantuan alat dari Pemerintah pada awal kegiatan P3A yaitu 1,333. Sedangkan faktor ancaman hanya ada satu dan itupun bobot nilainya rendah (1,000) yaitu kurangnya perhatian pemerintah terhadap kegiatan P3A saat ini. (2) Dari data yang ada dapat disimpulkan bahwa internal dan eksternal organisasi P3 A Sumber Mulyo ini kuat. (3) Hasil kegiatannya yaitu secara teknis dan ekonomis. (4) Strategi yang digunakan untuk kegiatan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Sumber Mulyo ini adalah pengoptimalisasian wadah P3A untuk memecahkan masalah yang dihadapi seperti pengelolaan saluran air primer, sekunder dan tersier serta pembuatan dan pengolahan pupuk organik. Hal tersebut dalam rangka mempertahankan partisipasi petani untuk membuat kelompok yang mandiri dan memberdayakan anggotanya untuk meningkatkan rasa kepedulian dan rasa memiliki. Selain itu, strategi yang lain adalah pengoptimalisasian program penyuluhan baik dari pemerintah maupun civitas akademika yang melakukan PPL di desa ini.
Kata kunci : Pembangunan Pertanian, Perkumpulan Petani Pemakai Air, Optimalisasi Program

 

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PERNYATAAN AZMUL FAUZI.pdf
COVER.PDF
BAB I.PDF
BAB II.PDF
BAB III.PDF
BAB IV.PDF
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.PDF
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Winarno, M.Si
2. Dr. Sapja Anantanyu, SP, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian