Penulis Utama : Muhammad Bagus Sistriatmaja
NIM / NIP : F0115059
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola modal sosial dalam pengembangan UMKM berbasis program One Village One Product (OVOP) yang berada pada sentra industri kerajinan sangkar burung Mojosongo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik analisis konten analisis.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa modal sosial dalam UMKM berbasis program One Village One Product (OVOP) di sentra industri kerajinan sangkar burung Mojosongo telah berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan adanya keinginan dari para pengrajin untuk dapat mengembangkan usahanya bersama-sama. Tujuan tersebut dapat terwujud karena adanya interaksi sosial yang telah dilakukan oleh para pengrajin di sentra industri kerajinan sangkar burung Mojosongo secara terus menerus. Pemerintah dengan bantuan melalui program OVOP perkembangan sentra industri kerajinan sangkar burung Mojosongo diharapkan agar dapat terus berkembang lebih pesat sehingga dapat meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat kecil seperti para pengrajin. Diharapkan pemerintah untuk dapat membuat kebijakan yang mendorong masyarakat kecil agar mengurangi adanya ketimpangan ekonomi dan sosial.

Kata kunci: Modal Sosial, One Village One Product (OVOP), UMKM

 

×
Penulis Utama : Muhammad Bagus Sistriatmaja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0115059
Tahun : 2019
Judul : Kajian modal sosial dalam pengembangan umkm berbasis program one village one product (OVOP) (studi kasus sentra industri kerajinan sangkar burung Mojosongo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Ekonomi Pembangunan-F0115059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bhimo Rizky Samudro, PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.