Penulis Utama : Vivin Yuni Astutik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : 8541108115
Tahun : 2013
Judul : Pengaruh Pelatihan Senam Lansia terhadap Tingkat Kecemasan, Kadar Gula dan Tekanan Darah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Profesi Kesehatan-8541108115-2013
Subyek : PELATIHAN SENAM LANSIA, TINGKAT KECEMASAN, KADAR GULA, TEKANAN DARAH
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar   belakang   :data  polindesdesaSukoanyartahun  2012   mengatakan  kondisilansiahampir 80% kondisikesehatannyakurangbaik, Penyakit yang banyakdideritaadalahhipertensi, diabetes,  dankondisipsikologis (cemas). Tujuan:untukMenganalisispengaruhpelatihansenamlansiaterhadaptingkatkecemasan, kadarguladarahdantekanandarah.
Waktu  dan tempat:penelitian dilakukan  di Desa  Sukoanyar Kecamatan  Wajak Kab.  Malang pada bulan F ebuari sampai dengan  April 2013 .Metode:true experimental predanpost test with randomized control trial (RCT).
Populasi:lansia yang  berusia mulai  60 tahun,yang memiliki   riwayat  kesehatan  yang  kurang baik.  teknik  sampling:   menggunakan purposiv  nonrandom  sampling  berjumlah   60  lansia. Analisa  data: kolomogrov smirnov dan t-test.
Hasil  penelitian: terdapat hubungan   antara  senam  lansia dengan  tingkat  kecemasan  yang  di tunjukan dengan  t hitung  sebelum  di berikan  perlakuan  adalah  1,23  yang mana kurang  dari t 0,05  yaitu  2,00. Sedangkan  t hitung  setelah  di berikan  perlakuan adalah  - 7.493  yang  mana kurang  dari  pada  t  0,05  dengan  kata  lain  ada  penurunan antara  kondisi  kecemasan   lansia ?,:;\?i:;!\lffi p,:;rl.i.kmm dan ?,:;?µ@h p,.d.i.k1J.m,S,:;d@_g.i.kan pe;:rrg\\.!\lh ?cmam lan?i.,, te;:rhoo.ip k• gula  terdapat  pengaruh   ditunjukan  dengan  nilai  t  hitung  sebelum  di berikan perlakuan  adalah 0,342 yang mana kurang dari  t 0,05 yaitu  2,00. Sedangkan  t hitung  setelah  di berikan  perlakuao adalah -14, 717  yang mana kurang dari  pada 0,05 dengan kata lain  ada penurunan  antara kondisi kadar gula lansia sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Sedangakan pengaruh  senam  lansia terhadap  tekanan  darah tidak terdapat  pengaruh ditunjukan dengan  nilai nilai t hitung sebelum di berikan perlakuan  adalah -415 yang mana kurang  dari t 0,05 yaitu 2,00. Sedangkan t hitung setelah  di berikan  perlakuan adalah  2,554   yang mana  lebih dari pada t 0,05 dengan  kata lain tidak   ada   penurunan  kondisi    tekanan   darah      lansia   sebelum    perlakuan    dan   sesudah perlakuan.Hal ini di karenakan ada beberapa lansia yang masih bekerja sehingga  beban pekerjaanlah yang membebani.
Simpulan: perlakuan senam lansia berpengaruh terhadap penurunan kecemasan,penurunan kadar guladan  tidak berpengaruh dalarn penurunan tekanan  darah.

Kata Kunci : pelatihan  senam  lansia, tingkat kecemasan, kadar gula, tekanan darah

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. A.A. Subiyanto, dr.
2. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo dr., PAK, MM, M.Kes.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana