Penulis Utama : Evelyne Syane Laisina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I 8716012
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Hos Cokroaminoto–Jalan Surya, Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Prog. D III Teknik Sipil-I 8716012-2019
Subyek : EVALUASI, SIMPANG TAK BERSINYAL, KINERJA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang sering ditemui pada sistem transportasi perkotaan adalah timbulnya kemacetan lalu lintas di ruas jalan dan adanya konflik di persimpangan khususnya pada simpang tak bersinyal. Salah satunya adalah di ruas jalan lengan simpang tiga tak bersinyal Jalan HOS Cokroaminoto – Jalan Surya Kota Surakarta. Melihat permasalahan yang ada maka perlu adanya analisis terhadap simpang agar didapat optimasi peningkatan kinerja yang tepat.

Data data yang diperlukan dalam proses analisis kinerja ini adalah data primer yang berupa hasil survey lalu lintas pada jam puncak dengan metoda pencacahan lalu lintas secara manual. Selain itu diperlukan juga data sekunder sebagai data pendukung dalam pengolahan data. Prosedur analisis simpang ini secara umum mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997.

Dari hasil kinerja simpang didapat derajat kejenuhan tertinggi yaitu terjadi pada pagi hari yaitu 1.34 dengan peluang antrian 156,16% - 74,69% . Maka dengan Alternatif 1 yaitu dengan pelebaran jalan 1,25 meter pada kiri dan kanan pendekat utara dan 0,565 meter pada kiri dan kanan pendekat barat didapat derajat kejenuhan 1.28 dengan peluang antrian 140,06% - 67,81 % sedang pada alternatif 2 yaitu pemasangan traffic light sinyal 3 fase dengan waktu siklus 106 detik didapatkan derajat kejenuhan pada pendekat utara, selatan dan barat yaitu 0,86. Alternatif 3 adalah penggabungan Alternatif 1 dan 2 yaitu dengan pelebaran jalan dan pemasangan traffic light dengan hasil optimasi ini dapat menurunkan angka derajat kejenuhan yaitu 0,78  dengan panjang antrian 86,1 pada pendekat utara, 57 pada pendekat selatan, dan 71 pada pendekat selatan. Biaya untuk pemasangan traffic light dan pelebaran jalan sebesar Rp.712.075.000,00 (Tujuh Ratus Dua Belas Juta Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah) dengan waktu total pekerjaan selama 19 hari.

Kata kunci : Evaluasi, Simpang Tak Bersinyal, Kinerja.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA .pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik