Penulis Utama : Laras Mahmudah
NIM / NIP : K7115091
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  penanaman  budaya  antre melalui kegiatan baris-berbaris dan implikasinya pada nilai karakter siswa kelas I SD Negeri 2 Karangsari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data implementasi nilai karakter budaya antre di rumah, teknik observasi dan wawancara untuk data konsep budaya antre dalam kegiatan baris-berbaris dan implementasinya, serta implementasi nilai karakter budaya antre di lingkungan sekolah. Analisis data menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, penanaman budaya antre melalui kegiatan baris-berbaris sudah terlaksana dengan baik oleh siswa dilihat dari aspek pelaksanaan etika antre pada saat baris-berbaris. Namun, pelaksanaan kegiatan baris-berbaris jika ditinjau dari pelaksanaan aturan gerakan menurut aturan yang berlaku masih kurang baik karena dari 35 butir aturan baris-berbaris siswa sementara hanya bisa melaksanakan 14 aturan secara konsisten. Kedua, implikasi penanaman budaya antre melalui kegiatan baris-berbaris pada nilai karakter dalam budaya antre sudah dapat terlaksana dengan baik oleh mayoritas siswa kelas I. Terlaksananya nilai tersebut dalam kehidupan siswa baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah tidak bisa dilepaskan dari pengawasan orang dewasa yakni guru dan orang tua.   Pengawasan   dan   pendampingan   guru   atau   orang   tua   yang   baik   akan memunculkan hasil penerapan nilai karakter yang baik pula.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian tersebut adalah penanaman budaya antre berupa taat pada antrean kegiatan baris-berbaris dan implikasinya pada nilai karakter siswa di lingkungan sekolah dan di rumah berhasil dilaksanakan oleh mayoritas siswa  kelas I.  Keberhasilan  tersebut  sangat  dipengaruhi  oleh pendampingan dan pengawasan orang dewasa.

Kata Kunci : budaya antre, kegiatan baris-berbaris, implikasi, nilai karakter

×
Penulis Utama : Laras Mahmudah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115091
Tahun : 2019
Judul : Penanaman budaya antre melalui kegiatan baris-berbaris dan implikasinya pada nilai karakter siswa kelas I SD Negeri 2 Karangsari.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prodi PGSD-K7115072-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.