Penulis Utama : Rakka Alhazimi
NIM / NIP : F0115077
×

ABSTRAK

Tingkat pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang di wilayah ASEAN seperti Indonesia, Filipina, Laos, Myanmar dan Vietnam pada saat ini masih belum cukup tinggi untuk segera bersejajar dengan perekonomian negara maju. Hal ini dibuktikan dengan angka gross domestic bruto (GDP) per kapita negara-negara berkembang ASEAN yang masih terpaut jauh dengan GDP perkapita negara maju, sehingga negara-negara berkembang ASEAN memerlukan tambahan modal pembangunan berupa utang luar negeri dan foreign direct investment (FDI) serta melakukan perdagangan internasional yang berupa ekspor dan impor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utang luar negeri, FDI, ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa data panel negara Indonesia, Filipina, Laos, Myanmar dan Vietnam pada tahun 2000 – 2017. Metode analisis data yang digunakan yaitu regresi data panel dengan model fixed effect (pembobotan cross- section seemingly unrelated regression).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel utang luar negeri, FDI, ekspor dan impor memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya variabel ekspor memiliki pengaruh yang negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Hasil analisis time series menunjukkan bahwa variabel utang luar negeri, FDI, ekspor, dan impor berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada periode sebelum resesi tahun 2008. Pada  periode setelah resesi tahun 2008, variabel utang luar negeri, ekspor dan impor berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi variabel FDI tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Kata kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Utang Luar Negeri, FDI, Ekspor, Impor

 

×
Penulis Utama : Rakka Alhazimi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0115077
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh utang luar negeri, foreign direct investment, ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi di negara ASEAN-5 tahun 2000 – 2017 sebelum dan sesudah resesi tahun 2008
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Ekonomi Pembangunan-F0115077-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supriyono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.