Penulis Utama : Dinnar Handika Sari
NIM / NIP : K5413021
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peranan industri batik terhadap penyerapan tenaga kerja di Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen; (2) mengetahui peranan industri batik terhadap kondisi sosial ekonomi penduduk Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen; dan (3) mengetahui implementasi modul bahan ajar pada pembelajaran geografi SMA KD Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia untuk Pembangunan
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja industri batik di Desa Pilang yang berjumlah 1202 jiwa. Sampel yang terpilih adalah 50 tenaga kerja berdasarkan bagian kerjanya dengan teknik pengambilan sampel cluster random ssampling. Peneleitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, kuisioner, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan tabel frekuensi dan tabel silang.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, sebanyak 66 industri batik di Desa Pilang berperan dalam menyerap tenaga kerja sebesar 31 ?ri total angkatan kerja. Industri batik berperan dalam menyerap tenaga kerja dengan tingkat pendidikan rendah sehingga mampu mengatasi masalah ketenagakerjaan yang berkaitan dengan rendahnya tingkat pendidikan. Kedua, industri batik berperan dalam meningkatkan kondisi sosial ekonomi tenaga kerja terutama melalui pendapatan yang diperoleh tenaga kerja dari industri batik. Ketiga, hasil penelitian dibuat dalam bentuk modul pembelajaran geografi di SMA sebagai bentuk pengembangan pembelajaran saintifik bagi peserta didik.
Kata Kunci : Industri Batik, Tenaga Kerja, Sosial Ekonomi.

×
Penulis Utama : Dinnar Handika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413021
Tahun : 2018
Judul : Peranan industri batik terhadap penyerapan tenaga kerja dan kondisi sosial ekonomi penduduk studi kasus industri batik Desa Pilang tahun 2017 (sebagai modul pembelajaran geografi SMA pada kompetensi dasar dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di indonesia untuk pembangunan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5413021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd.
2. Dra. Inna Prihartini, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.