Penulis Utama : Aulia Zanrela
NIM / NIP : D1216011
×

Abstrak

Instagram adalah aplikasi media sosial populer pengguna smartphone. Sebuah aplikasi untuk foto dan memungkinkan penggunanya untuk membagikan foto atau video ke pengguna lain. Postingan di Instagram sangat beragam mulai dari foto bersama orang terdekat, berlibur, dan foto kegiatan lainya. Tanpa adanya batasan usia dan syarat mengunggah foto, banyak selebritis mengunggah foto bersama pacarnya di Instagram termasuk artis di bawah umur. Menampilkan kemesraan di depan umum disebut dengan Public Display of Affection (PDA).

Public Display of Affection (PDA) adalah salah satu bentuk komunikasi non-verbal yang menunjukan ikatan dengan orang lain dengan cara demonstrasi fisik dari hubungan antar pasangan di mana ada orang lain yang melihatnya. Bergandengan tangan dan mencium adalah salah satu bentuk  Public Display of Affection (PDA). Public Display of Affection (PDA) dilakukan oleh banyak orang termasuk Mahasiswa Ilmu Komunikasi Reguler 2016 Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini menggunakan Teori Merancang Pesan, di mana keinginan menyampaikan sebuah pesan akan tersalurkan jika mengetahui cara menyampaikannya. Selanjutnya akan diketahui motif yang diinginkan oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Reguler 2016 Universitas Sebelas Maret menampilkan Public Display of Affection (PDA) di Instagram. Penelitian ini bersifat studi kasus dan menggunakan metode wawancara mendalam dengan 10 informan dan teknik dokumentasi yaitu menganalisis unggahan-unggahan Instagram para informan.

Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam penampilkan Public Display Of Affection (PDA) para narasumber dominan melakukannya dengan pose. Pose adalah salah satu bentuk Public Display Of Affection (PDA) yang diterima di Indonesia. Motif menampilkan Public Display Of Affection (PDA) sendiri adalah untuk memamerkan keharmonisan hubungan agar mendapatkan sebuah pengakuan dari teman-temannya yang nantinya akan menambah kepercayaan dirinya.

Kata Kunci : Instagram, Mahasiswa, Teori Merancang Pesan, Public Display Of Affection (PDA)

×
Penulis Utama : Aulia Zanrela
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216011
Tahun : 2019
Judul : Kasus Public Display of Affection (Studi Kasus Motif dan Proses Produksi Pesan Public Display of Affection (PDA) pada Instagram Mahasiswa Ilmu Komunikasi Reguler Tahun 2016 Universitas Sebelas Maret)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1216011-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.