Penulis Utama : Claragreta Pasukadewani
NIM / NIP : D1215014
×

Abstrak

Media dan internet dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Melalui internet semua bisa dibuat dan digunakan untuk mempermudah orang melakukan komunikasi. Aplikasi-aplikasi dibuat dengan berbagai tujuan baik untuk kepentingan bisnis, hiburan maupun kepentingan sebuah komunitas. Dalam perkembangannya aplikasi dapat dikategorikan sebagai aplikasi umum dan ekslusif. Grindr merupakan salah satu aplikasi ekslusif yang dibuat guna memudahkan komunikasi komunitas gay dalam membangun konektivitas antar sesama.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi mengunakan aplikasi Grindr dengan penggunaan media Grindr pada komunitas Gaya Mahardeka serta mengetahui hubungan antara penggunaan aplikasi Grindr dengan tingkat kepuasan pada komunitas Gaya Mahardika.
Dalam penelitian merupakan jenis survey korelasional (Eksplanatif), yang antar variabelnya memiliki korelasi. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan uses & gratification yang bertujuan melihat penggunaan dan pemenuhan kepuasan atas suatu variabel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena datanya adalah data ordinal dengan menyebarkan questioner yang berisi pertanyaan yang sesuai dengan variabel yang diteliti. Teknik statistic yang digunakan untuk menganalisa data adalah dengan korelasi Spearman.

Hasil dari penelitian, pengguna aplikasi Grindr merasa sangat puas menggunakan aplikasi Grindr untuk menemukan pasangan atau one night stand sebesar 53.5%. selain itu kepuasan integrasi dan interaksi social yang paling menunjukkan bahwa responden merasa sangat puas dengan menggunakan aplikasi Grindr sebagai sarana ngobroldan chatting dengan teman sesame gay yaitu sebesar 47,9%. Hubungan antar variabel menunjukan Penggunaan media dengan variabel Y yaitu tingkat kepuasan pada komunitas Gaya Mahardika diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,800signifikansi sebesar 0,000. Koefisien korelasi menunjukan kekuatan dan arah hubungan dari kedua variabel yang ada (Z dan Y). Angka koefisien korelasi sebesar 0,800yang menunjukan bahwa tingkat hubungan atau korelasi antara aplikasi Grindr dengan tingkat kepuasan pada komunitas Gaya Mahardika termasuk tingkat hubungan tinggi.

Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Grindr, Gaya Mahardika

×
Penulis Utama : Claragreta Pasukadewani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215014
Tahun : 2019
Judul : Motivasi, Penggunaan dan Kepuasan dalam Menggunakan Aplikasi GRINDR ( Studi Korelasi antara Motivasi, Penggunaan dan Kepuasan Menggunakan Aplikasi Grindrn dalam Menjalin Komunikasi Interpersonal pada Komunitas Gaya Mahardika di Kota Solo 2019 )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1215014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S.Sos, Ph,D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.