Penulis Utama : Ahmad Syawaludin
NIM / NIP : K7113008
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan kebutuhan guru dan siswa terhadap lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran IPA berbasis Model Predict, Observe, Explain (POE) pada materi gaya untuk kelas V SD, (2) Mengembangkan draf awal (prototype) LKS menjadi LKS pembelajaran IPA berbasis Model POE pada materi gaya untuk kelas V SD. (3) Mengetahui kualitas lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran IPA berbasis Model POE pada materi gaya untuk kelas V SD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini dimodifikasi oleh Sukmadinata, yang terdiri atas dua tahapan, yaitu studi pendahuluan dan tahap pengembangan produk/ model. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Studi pendahuluan terdiri atas studi kepustakaan, survei lapangan, penyusunan produk awal atau draf model. Tahap pengembangan yaitu validasi desain oleh pakar dan ujicoba LKS. Uji coba LKS terdiri atas ujicoba terbatas dengan desain penelitian One-Shot Case Study dan uji coba lebih luas dengan One Group Pretest-Posttest Design. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis deskriptif kualitatif dan uji beda.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tahap studi pendahuluan menunjukkan bahwa LKS yang tersedia di lapangan belum memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V, meliputi: LKS belum menekankan pada proses penemuan informasi, LKS masih bersisi kumpulan soal dan materi, dan penampilan LKS belum menarik minat pembaca. LKS perlu dikembangkan agar memenuhi persyaratan penyusunan LKS berbasis pada pembelajaran predict, observe, explain (POE) untuk pembelajaran IPA yang efektif. (2) Pengembangan dimulai dengan menyusun prototipe LKS IPA berbasis POE untuk siswa kelas V, dilanjutkan dengan validasi ahli terhadap prototipe LKS yang menyatakan bahwa prototipe LKS memenuhi kualitas baik sehingga dapat diujicobakan dengan revisi. (3) Penetapan prototipe LKS menjadi LKS berbasis model POE pada materi gaya untuk siswa kelas V melalui uji coba terbatas dan uji coba lebih luas memperoleh hasil yaitu LKS disusun sesuai dengan sintaks model pembelajaran POE. Selain itu, LKS telah memenuhi seluruh persyaratan penyusunan LKS, efektif, dan sesuai dengan pandangan para pakar dan pengguna sehingga layak untuk digunakan.

Kata Kunci: lembar kerja siswa, pengembangan, predict, observe, explain (POE)

 

×
Penulis Utama : Ahmad Syawaludin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113008
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) IPA berbasis model predict, observe, explain (POE) di sekolah dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7113008-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny Indrastoeti SP, M.Pd.,
2. Hadiyah, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.