Penulis Utama : I Gusti Ngurah Rai Ari Yudha
NIM / NIP : D1215026
×

ABSTRAK

Merantau adalah suatu hal biasa dilakukan untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik terlebih dalam hal pendidikan, salah satunya adalah menjadi mahasiswa. Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar adalah kota dengan sumber pendidikan yang memiliki kualitas yang baik, setiap tahun para calon mahasiswa dari latar belakang daerah berdatangan ke kota Yogyakarta untuk menimba ilmu, tak terkecuali mahasiswa asal Bali. Membawa budaya dari daerah asal saat merantau dan menerima budaya baru di kota Yogyakarta membuat mahasiswa perantauan asal Bali mengalami gangguan komunikasi.
Rumusan yang diteliti adalah (1) Apa saja faktor-faktor penyebab yang melatarbelakangi proses terjadinya gangguan komunikasi pada mahasiswa perantauan asal Bali di kota Yogyakarta? (2) Bagaimana cara yang dilakukan mahasiswa perantauan asal Bali di kota Yogyakarta untuk mengatasi gangguan komunikasi tersebut? Penelitian ini menggunakan teknik wawancara untuk menghasilkan informasi berupa kata-kata tertulis. Populasi yang diambil atas dasar pertimbangan karena memiliki informasi yang dibutuhkan dan berasal dari populasi berjumlah kecil kemudian membesar untuk mendapatkan informasi yang terbaik. Target penelitiannya adalah mahasiswa perantauan asal Bali yang mengikuti organisasi kepemudaan Bali yaitu KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) cabang Yogyakarta atau mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (UKM KMHD) di universitas masing-masing, lalu minimal menempuh kuliah semester enengah, belum pernah tinggal atau pernah mengunjungi kota Yogyakarta hanya sesaat saja, dan selama menjalani kehidupan di kota Yogyakarta tinggal di indekos.
Berdasarkan hasil wawancara, dianalisiskan bahwa adanya temuan mahasiswa perantauan asal Bali mengalami gangguan komunikasi seperti hambatan dalam kegiatan berkomunikasi, merasa asing, merasa tidak nyaman dan gelisah.
Kata Kunci: Mahasiswa Perantauan, Asal Bali, Gangguan Komunikasi, Kota Yogyakarta

 

×
Penulis Utama : I Gusti Ngurah Rai Ari Yudha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215026
Tahun : 2019
Judul : Hambatan komunikasi pada mahasiswa perantauan asal Bali di kota Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Program Studi Ilmu Komunikasi-D1215026-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.