Penulis Utama : Nurhayati
NIM / NIP : K4213055
×

ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan membaca nyaring teks 1 (satu) paragraf berhuruf Jawa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media kartu kalimat berbasis TI pada siswa kelas VII I SMP Negeri 4 Surakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 4 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data yang digunakan berupa tempat, peristiwa, informan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis.
Hasil penelitian dalam peningkatan keterampilan membaca nyaring teks 1 (satu) paragraf berhuruf jawa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media kartu kalimat berbasis TI dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang diketahui pada pratindakan persentase keaktifan pada aspek bertanya, menjawab pertanyaan, dan berpendapat sebesar 37%, 28%, dan 37%, pada siklus I pertemuan I persentasenya sebesar 53%, 59%, dan 47%, pada siklus I pertemuan II persentasenya 69%, 66%, dan 50%, pada siklus II pertemuan I persentasenya sebesar 75%, 71%, dan 71%, pada siklus II pertemuan II persentasenya 84%, 90%, dan 71%; (2) meningkatkan keterampilan membaca nyaring paragraf berhuruf Jawa. Pada tahap prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 7 siswa (22%), pada siklus I sebanyak 12 siswa (38%), dan pada siklus II sebanyak 27 siswa (84%).
Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan media kartu kalimat berbasis TI dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan membaca paragraf berhuruf Jawa. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan prosedur pembelajaran sebagai berikut: (1) tahap presentasi materi yang dilakukan oleh guru, (2) tahap belajar dalam kelompok yang dilakukan oleh siswa, (3) tahap permainan (games), (4) tahap tournament antar kelompok, dan (5) penghargaan.
Kata Kunci: membaca nyaring paragraf berhuruf Jawa, model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), media kartu kalimat berbasis TI


 
 

×
Penulis Utama : Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213055
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan keterampilan membaca nyaring teks 1 (satu) paragraf berhuruf jawa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media kartu kalimat berbasis TI pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Surakarta tahun ajaran 2016/ 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.