Penulis Utama : Eva Kumala Wikan Prasodjo
NIM / NIP : I0115033
×

ABSTRAK

Pembangunan apartemen merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan meningkatnya kebutuhan hunian terutama di beberapa kota yang memiliki masalah keterbatasan lahan. Konstruksi apartemen merupakan konstruksi yang relatif besar sehingga membutuhkan material yang cukup besar, untuk itu  manajemen material yang baik sangat dibutuhkan dalam pembangunan apartemen. Dalam pembangunan apartemen dibutuhkan analisa manajemen risiko material untuk mengetahui risiko yang berdampak terhadap waktu dan biaya.
Dalam penelitian ini data primer diperoleh dengan cara melakukan wawancara kepada para ahli atau pakar serta melakukan penyebaran kuisioner. Data sekunder diperoleh dari data yang dimiliki kontraktor dan studi literatur. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Analisis penentuan bobot risiko menggunakan metode Zero-One sedangkan penentuan risiko dominan menggunakan perhitungan risk index. Tindakan penanganan risiko dapat ditentukan lebih sistematis dengan hasil analisis ini.
Hasil riset ini menunjukan bahwa dari 13 variabel risiko yang dipilih risiko yang paling dominan terhadap dampak waktu adalah sistem pengendalian biaya dan waktu yang lemah menyebabkan keterlambatan dan penambahan biaya dengan rata-rata risk index sebesar 559,7. Risiko yang paling dominan terhadap dampak biaya adalah pemanfaatan material yang kurang efisien sehingga merugikan kontraktor dengan rata-rata risk index sebesar 668,6.

Kata Kunci : analisa risiko, Zero-One, risk index

 

×
Penulis Utama : Eva Kumala Wikan Prasodjo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115033
Tahun : 2019
Judul : Analisis manajemen risiko material dengan metode zero-one (studi kasus : pada proyek pembangunan apartemen tamansari amarta Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Tehnik, Program Studi Teknik Sipil -I0115033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widi Hartono S.T., M.T.
2. Ir. Sugiyarto M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.