Penulis Utama : Muhammad Zudin
NIM / NIP : D0314050
×

Penelitian  ini  dilakukan  pada  Muhammad  Business  School  Pondok Preneur Indonesia di Surakarta. Dalam penelitian ini sebagai anggota Muhammad Business School Pondok Preneur Indonesia harus memegang apa yang menjadi pedoman  lembaga  dan  harus  melaksanakan  tugas  sesuai  dengan  pedoman lembaga.
Tujuan  yang hendak  dicapai  dalam  penelitian  skripsi  ini  adalah untuk mengetahui Modal Sosial Santri Muhammad Business School Pondok Preneur Indonesia.  Teori  yang  digunakan  untuk  mengenalisis  permasalahan  ini  adalah teori modal sosial yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Untuk pengambilan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk menjamin validitas data menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa modal sosial santri yang ada Lembaga Muhammad Business School Pondok Preneur Indonesia adalah kepercayaan, norma, jaringan, dan resiprositas.
Kepercayaan di kalangan santri sangat tinggi berdasarkan kemampuan dan profesionalitas  dalam  menjalankan  tugas  dan  perannya  santri.  Norma  yang berlaku juga di dasarkan dengan seberapa besar mentaati aturan, mengikuti hukuman, dengan banyaknya teladan guru yang sangat dihormati. Jaringan yang ada dikalangan santri sampai menembus UMKM dengan berbagai ilmu yang didapatkana. Dengan itu banyak santri yang mengalami kemajuan. Resiprositas di kalangan santri dengan banyaknya kontribusi yang diberikan santri untuk pondok untuk bisa makin berkembang dan memnuhi syarat kelulusan pondok untuk bermanfaat untuk masyarakat.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Zudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0314050
Tahun : 2019
Judul : Modal Sosial Santri Muhammad Business School Pondok Preneur Indonesia di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0314050-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Drs. Bagus Haryono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.