Penulis Utama : Chaerul Rizki Sofia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7110515
Tahun : 2014
Judul : Penggunaan metode resitasi dengan bahan ajar leaflet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri 1 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. PGSD-K7110515-2014
Subyek : METODE RESITASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses penggunaan metode resitasi dengan bahan ajar leaflet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri 1 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014; (2) meningkatkan keterampilan menulis melalui penggunaan metode resitasi dengan bahan ajar leaflet pada siswa kelas III SD Negeri 1 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014; (3) menemukan solusi terhadap kendala penggunaan metode resitasi dengan bahan ajar leaflet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri 1 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus yang terdiri atas 2 pertemuan. Pada tiap pertemuan menggunakan prosedur penelitian model spiral yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Grenggeng dengan jumlah 13 siswi dan 4 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri 1 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014 mengalami peningkatan setelah menggunakan metode resitasi dengan bahan ajar leaflet. Jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ?70 pada siklus I sebanyak 45% , siklus II sebanyak 78,66%, dan siklus III sebanyak 87,29%.
Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) proses penggunaan metode resitasi dengan bahan ajar leaflet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswakelas III SD Negeri 1 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014 yaitu fase pemberian tugas, fase mengerjakan tugas, dan fase mempertanggungjawabkan tugas; (2) penggunaan metode resitasi dengan bahan ajar leaflet dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III SD Negeri 1 Grenggeng tahun ajaran 2013/2014; (3) kendala saat pelaksanaan tindakan yaitu siswa gaduh saat mengikuti pembelajaran, ukuran tulisan pada bahan ajar leaflet yang kurang besar, dan siswa tidak memperhatikan pembacaan hasil diskusi kelompok lain dan solusi terhadap kendala tersebut adalah  guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan penjelasan materi dan tugas pada bahan ajar leaflet dengan menarik, memperbesar ukuran tulisan pada bahan ajar leaflet agar mudah dibaca dan dijelaskan oleh guru, dan guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan pembacaan hasil diskusi kelompok lain dan berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas.

Kata kunci: Metode Resitasi, Leaflet, Keterampilan Menulis.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suhartono, M.Pd.
2. Warsiti, S.Pd. M.Pd.
Catatan Umum : Tidak terdapat surat pernytaan
Fakultas : Fak. KIP