Penulis Utama : Gabriela Raez Sanjaya
NIM / NIP : A121508066
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi permasalah yaitu belum diketahui pembangunan olahraga di Kota Pangkalpinang ditinjau dari Sport Development Index (SDI). Di dalam SDI terdapat empat aspek yang akan membantu menilai bagaimana pembangunan olahraga di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi : 1) kebijakan pelaksanaan pembangunan olahraga di Kota Pangkalpinang. 2) ketersediaan ruang terbuka olahraga di Kota Pangkalpinang. 3) ketersediaan sumber daya manusia (SDM) di Kota Pangkalpinang. 4) tingkat partisipasi masyarakat dalam berolahraga di Kota Pangkalpinang. 5) tingkat kebugaran jasmani masyarakat di Kota Pangkalpinang. 6) indeks pembangunan olahraga di Kota Pangkalpinang.

Penelitian dilaksanakan di Kota Pangkalpinang dengan mengambil 3 kecamatan sampel yaitu : Kecamatan Tamansari, Kecamatan Gabek, dan Kecamatan Pangkalbalam dengan jumlah sampel 270 orang. Setiap kecamatan di ambil 90 orang yang dibagi menjadi kelompok usia yaitu : usia anak – anak (7-12 tahun) 30 orang, usia remaja (13-17 tahun) 30 orang dan usia dewasa (18-40 tahun) 30 orang yang masing – masing kelompok usia terdiri dari 15 orang laki – laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini adalah penelitian studi evalusi tentang pembangunan olahraga dengan menggunakan metode campuran antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam konteks evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, Tes MFT (Mustistage Fitness Test), wawancara, dan dokumen.

Hasil penelitian ini adalah : 1) tolak ukur keberhasilan pembangunan olahraga di Kota Pangkalpinang adalah perolehan prestasi atau medali. 2) indeks ruang terbuka sebesar 0,363 dalam norma SDI masuk kategori rendah, 3) indeks sumber daya manusia sebesar 0,0007dalam norma SDI masuk kategori rendah, 4) indeks partisipasi masyarakat sebesar 0,348 dalam norma SDI masuk kategori rendah, 5) indeks kebugaran jasmani sebesar 0,361 dalam norma SDI masuk kategori rendah, 6) indeks pembangunan olahraga Kota Pangkalpinang sebesar 0,268 masuk dalam kategori rendah

Kesimpulan penelitian ini adalah indeks SDI Kota Pangkalpinang berada dalam kategori rendah karena, indeks total dari SDI yang meliputi : 1) ruang terbuka, 2) sumber daya manusia 3) partisipasi masyarakat 4) kebugaran jasmani di kota Pangkalpinang sebesar 0,268 masih berada  diantara nilai 0-0,499. Artinya pembangunan olahraga di Kota Pangkalpinang masih jauh dari kata maju , banyak hal yang perlu diperbaiki untuk memajukan Kota Pangkalpinang.

Kata kunci : sport development index

×
Penulis Utama : Gabriela Raez Sanjaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508066
Tahun : 2019
Judul : Pembangunan Olahraga Kota Pangkalpinang Ditinjau dari Sport Development Index ( Sdi) (Studi Evaluasi Tentang Ruang Terbuka, Sdm, Partisipasi Masyarakat, dan Tingkat Kebugaran Jasmani)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Ilmu Keolahragaan-A121508066-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr.M. Furqon, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.