Penulis Utama : Isna Wahyu Mursitoh
NIM / NIP : D1516053
×

ABSTRAK

Pengendalian kualitas (Quality Control) diperlukan dalam perusahaan karena adanya tuntutan kualitas yang harus dipenuhi, sehingga perlu adanya pemeriksaan produk sebelum dikirim ke konsumen. Terutama untuk produk jenis kain lokal yang  menjadi  salah  satu  keunggulan  perusahaan  karena  memiliki  banyak konsumen di dalam negeri yang harus dipenuhi permintaannya. Departemen Pengendalian Kualitas (Quality Control) dalam menerapkan pemeriksaan harus berdasarkan pada standar dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan.

Landasan teori menyatakan bahwa menurut Hari Punomo (2004:242) “Pengendalian Kualitas adalah aktivitas pengendalian proses untuk mengukur ciri- ciri kualitas produk, membandingkannya dengan spesifikasi atau persyaratan dan mengambil tindakan penyehatan yang sesuai apabila ada perbedaan antara penampilan yang sebenarnya dan yang standar.”

Metode yang digunakan dalam pengamatan ini adalah Deskriptif Kualitatif yaitu merupakan langkah kerja untuk mendeskripsikan suatu objek dan fenomena dalam tulisan yang bersifat naratif. Dalam pengamatan Deskriptif Kualitatif, data dan fakta yang dihimpun berbentuk kata atau gambar untuk  mendeskripsikan suatu kejadian tertentu.

Hasil dari pengamatan yaitu bahwa PT Sari Warna Asli Unit I dalam menjaga kualitas  produk  kain  lokal  dilakukan  melalui  proses  Pengendalian  Kualitas (Quality Control) yang sudah sesuai dengan standar atau ketentuan perusahaan. Untuk  menjaga  kualitas produk  yang  baik,  pelaksanaan  pengendalian kualitas pada jenis kain lokal di PT Sari Warna Asli Unit I dilakukan secara bertahap melalui pemeriksaan untuk memisahkan grade baik dan grade cacat (Barang Sortiran).  Setiap  tahap  pemeriksaan  dilaksanakan  sesuai  dengan  standar  yang telah ditetapkan perusahaan untuk menghasilkan kualitas yang diinginkan konsumen. Pelaksanaan pengendalian kualitas pada kain lokal dimulai dari tahap penerimaan kain dari produksi, proses rolling dilanjutkan dengan pemotongan kain, pemberian etiket dan pengemasan. Karyawan pelaksana lapangan bekerja sesuai instruksi kerja yang ada dan selalu dipantau oleh pimpinan agar pekerjaan berjalan dengan lancar. Kendala dalam pelaksanaan pengendalian kualitas pada jenis kain lokal adalah adanya return ke produksi, keterlambatan barang datang (kain grey) atau bahan baku, kurang koordinasi antar Departement dan terjadi penyusutan kain setelah proses inspeksi.

Kata Kunci : Prosedur, Pengendalian Kualitas (Quality Control)

×
Penulis Utama : Isna Wahyu Mursitoh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516053
Tahun : 2019
Judul : Prosedur Pengendalian Kualitas (Quality Control) pada Jenis Kain Lokal di Pt Sari Warna Asli Unit I Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Manajemen Administrasi-D1516053-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.