Penulis Utama : Tio Lutfi Andhika
NIM / NIP : R0215097
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Tingginya aktivitas dan tekanan baik dari dalam maupun dari luar dapat menimbulkan stres dan berkurangnya konsentrasi bagi pekerja. Mendengarkan musik intrumental dapat menjadi upaya dalam mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian  musik  intrumental  terhadap  tingkat  stres  dan  konsentrasi  kerja  pada perawat RUMAH SAKIT Dr. OEN SURAKARTA.

Metode : Jenis penelitian ini adalah prepost experiment dengan menggunakan pendekatan the One Group Pretest–Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 165 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditentukan didapatkan sampel minimal sejumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar Quisioner DASS dan lembar Uji Concentration Grid Exercise. Penelitian telah terdaftar dalam layik etik (457/UN27.06/KEPK/2019). Analisis bivariat menggunakan uji statistik Somers’D.

Hasil  : Terjadi  peningkatan  nilai  rata-rata  pengukuran  konsentrasi  kerja  dan penurunan tingkat stres kerja setiap harinya. Nilai rata-rata tes awal dan akhir konsentrasi kerja 1,73 dan 2,32. Nilai rata-rata tes awal dan akhir stres kerja 3,01 dan 2,46. Hasil analisis dengan uji Somers’D menunjukkan bahwa terdapat pengaruh musik intrumental yang signifikan terhadap konsentrasi dan stres kerja dengan nilai rata-rata p(value)=0,000.

Simpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan pada nilai rata-rata pemberian musik instrumental terhadap peningkatan tingkat konsentrasi dan tingkat stres.

Kata Kunci : Musik Instrumental, Tingkat Konsentrasi Kerja, Tingkat

×
Penulis Utama : Tio Lutfi Andhika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215097
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pemberian Musik Intrumental Terhadap Tingkat Konsentrasi dan Stres Kerja pada Perawat Rumah Sakit Dr Oen Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215097-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujahidatul Musfiroh, S.Kep., Ns., M.Si.Med
2. Reni Wijayanti, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.