Penulis Utama : Hendrawati Roh Setiyawan
NIM / NIP : D1416023
×

Abstrak

DIII Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta yang memiliki bidang studi Komunikasi Terapan, menciptakan program Kuliah Kerja Mahasiswa bagi mahasiswa sebagai persiapan dalam bersaing di era globalisasi dalam industri kerja kreatif serta sebagai sarana untuk mengasah kemampuan mahasiswa dengan bekal ilmu yang telah didapatkan selama perkuliahan untuk terus mengembangkan diri.
Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media ini, penulis mengkonsentrasikan diri dalam tim Desain Grafis bagian Promo Media Sosial stasiun tv SCTV dan Indosiar. Seorang desainer grafis dituntut untuk memiliki attitude yang baik, wawasan yang luas, kreatif, dan komunikatif.
Di era digital ini semua hal bisa kita dapatkan hanya melalui genggaman tangan (smartphone). Beriklan di media digital sangat beragam mulai dari iklan website, youtube ads, dan iklan di social media seperti facebook, twitter dan instagram. Sekarang ini banyak perusahaan memilih untuk beriklan menggunakan media digital, disamping harga yang relatif murah, media digital diyakini akan banyak digunakan di masa depan.  
Dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media selama kurang lebih 3 bulan, penulis telah mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat mengenai bekerja sama dalam suatu tim khususnya di tim Desain Grafis. Penulis dapat memahami bahwa seorang Desainer Grafis memiliki peran penting bagi sebuah stasiun tv bagian digital promotion, penulis bertugas untuk mendesain dan memvisualkan sebuah ide untuk keperluan promo program-program yang akan ditayangkan di SCTV maupun Indosiar.
Desainer grafis dalam digital promotion berperan juga dalam membuat strategi komunikasi suatu program dengan cara membuat konten yang menarik dan berkualitas sehingga tercipta interaksi dan engagement yang positif dari target audience. Selain itu juga selalu monitoring akun media sosial dan membuat report setiap bulannya. Sebagai seorang social media strategist dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan tren yang ada di social media.
Proses produksi promo program bisa dikatakan sederhana namun menarik dan berbeda dari proses produksi program acara. Karena proses produksi promo program lebih singkat. Dalam setiap produksi promo program harus menampilkan konsep dan ide yang selalu berbeda, out of the box, fresh dan ,menarik agar program yang akan ditayangkan dapat menarik dan mendapatkan perhatian dari penonton.

Kata Kunci: kuliah kerja media, desain grafis, digital promotion, stasiun telvisi, social media.

 

×
Penulis Utama : Hendrawati Roh Setiyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416023
Tahun : 2019
Judul : Desain grafis dalam digital promotion Program di sctv dan indosiar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : Prog.D-III Penyiaran
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.