Penulis Utama : Husein Erwinsyah
NIM / NIP : S441508004
×

Keterampilan Membaca PemahamanPenelitian ini bertujuan untuk: (a) meningkatan minat siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjarnegara dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita legenda melalui penggunaan cerita legenda lokal berdialek Banyumasan dan metode peta konsep dan (b) meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjarnegara dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita legenda melalui penggunaan cerita legenda lokal berdialek Banyumasan dan metode peta konsep.
Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C dan guru bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Banjarnegara, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus memiliki empat tahapan, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dan sumber data pada penelitian ini berasal dari informan, dokumen atau arsip, dan tempat serta peristiwa.
Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan minat dan keterampilan membaca pemahaman cerita legenda melalui penggunaan cerita rakyat lokal berdialek Banyumasan dan metode peta konsep pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjarnegara. Peningkatan minat siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita legenda ditandai dengan peningkatan persentase indikator yang meliputi: 1) siswa terlihat senang mengikuti pembelajaran, 2) siswa berusaha keras mengerjakan soal yang diberikan guru, 3) siswa memberi perhatian terhadap penjelasan guru selama pembelajaran, 4) siswa memberi perhatian selama diskusi kelompok, 5) siswa aktif bertanya kepada  guru pada saat mengalami kesulitan, 6) siswa aktif menanggapi jawaban, pertanyaan, atau pendapat teman, dan 7) siswa aktif berdiskusi dengan teman atau kelompoknya. Langkah-langkah pembelajaran yang efektif sebagai berikut: (1) siswa membaca cerita legenda lokal bersama teman sebangku, (2) siswa dan guru mendiskusikan kata-kata sukar yang ada di dalam cerita, (3) siswa mencatat ide-ide pokok cerita, (4) siswa membuat peta konsep dengan menghubungkan ide-ide pokok cerita ke dalam sebuah gambar, (5) siswa dan guru mendiskusikan hasil peta konsep yang dibuat siswa, dan (6) siswa mengerjakan soal berdasarkan peta konsep yang dibuat.
Kata kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, cerita legenda, metode peta konsep

×
Penulis Utama : Husein Erwinsyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441508004
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Legenda Berbasis Cerita Rakyat Lokal dengan Metode Peta Konsep dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Banjarnegara
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah-S441508004-2019
Kata Kunci : Keterampilan Membaca Pemahaman, cerita legenda, metode peta konsep
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr. Sumarwati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : lamp - unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.