Penulis Utama : Yanny Octavia Sally Ride
NIM / NIP : S601408008
×

Latar    be lakang:    Bronkoskopi    merupakan    tindakan    invasif    yang    dapat menimbulkan   kecemasan,  ketidaknyamanan,   dan  komplikasi.  Premedikasi  yang baik dapat mengurangi kecemasan, mempengaruhi keberhasilan prosedur, dan mengurangi komplikasi pascabronkoskopi. Obat sedasi injeksi masih menjadi perdebatan  apakah  aman  jika  diberikan  oleh  dokter  bronkoskopis.  Alprazolam sebagai  premedikasi   bedah   dapat   mengurangi   kecemasan.   Alprazolam   dapat digunakan   sebagai   analgesik   ajuvan,   mengurangi   sesak   terkait   cemas,   dan mengurangi  batuk  sebagai  antitusif  ajuvan.Tujuan  penelitian  ini  adalah menganalisis  keefektifan alprazolam pada pasien yang dilakukan bronkoskopi.
Me tode: Penelitian klinis  dengan quasi pretest-posttest control group design pada pasien tumor paru yang dilakukan bronkoskopi di RSUD Dr. Moewardi Surakarta bulan Februari-Maret  2019 secara consecutive  sampling.  Subjek penelitian dibagi menjadi kelompok perlakuan dengan alprazolam dan kelompok kontrol tanpa alprazolam.  Skor HADS, Skor skala Borg yang dimodifikasi, skor VAS batuk, dan VAS nyeri dinilai  pada awal, sebelum, dan setelah bronkoskopi.
Has il:  Sebanyak  32  subjek  pasien  tumor  paru  yang dilakukan  bronkoskopi  ikut dalam penelitian ini. Kelompok perlakuan menunjukkan penurunan skor HADS pre dan pascabronkoskopi dibanding baseline   (6.56+2.83 dan 6.88 +2.63), penurunan skor   VAS  nyeri  pre  dan  pascabronkoskopi  (15.00+10.95   dan  9.69+11.61)   ), penurunan   skor   VAS   batuk   (11.56+8.89   dan   27.19+17.89),   dan   bermakna dibanding   kontrol.   Penurunan   skor   Borg   yang   dimodifikasi   tidak   bermakna dibanding  kontrol
Ke s impulan:  Alprazolam efektif dalam mengontrol kecemasan, batuk, dan nyeri. Alprazolam  menurunkan  keluhan  sesak  pascabronkoskopi  lebih  baik  dibanding kontrol.
Kata kunci: alprazolam, bronkoskopi, tumor paru, HADS, Borg yang dimodifikasi, VAS batuk, VAS nyeri.

×
Penulis Utama : Yanny Octavia Sally Ride
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S601408008
Tahun : 2019
Judul : Keefektifan alprazolam sebagai premedikasi bronkoskopi terhadap kontrol kecemasan, batuk, sesak napas, dan nyeri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : PPDS Pulmonologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Magister Dokter Spesialis Pulmonologi Dan Kedokteran Respirasi-S601408008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Yusup Subagio Sutanto, Dr., Sp.P(K), FISR
2. Debree Septiawan, Dr., Sp.KJ, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.