Penulis Utama : Asrifah Setiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313018
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi Kelas XI MIPA SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak MIPA-Prodi Biologi-Asrifah Setiani-K4313018-2018
Subyek : PROBLEM BASED LEARNING, KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS, PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Asrifah Setiani. K4313018. PENINGKATAN KETERAMPILAN  BERPIKIR ANALITIS  SISWA  MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA SMA. Skripsi,  Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Januari 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir analitis menggunakan model pembelajaran   problem based learning pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan  selama 2 siklus. Setiap  siklus terdiri  dari 4  tahapan  yaitu  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 35 siswa yang terdiri dari 18 laki- laki dan 17 perempuan.  Pengumpulan  data dilakukan   dengan teknik  tes  (tes keterampilan  berpikir  analitis  yang  terdiri dari 3 aspek  yaitu  membedakan, mengorganisasi  dan mengatribusi)   dan  non tes  (observasi   dan wawancara). Validasi data menggunakan metode triangulasi.  Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian  menunjukkan   adanya  peningkatan   skor rata-rata  kelas secara  keseluruhan   keterampilan    berpikir  analitis  pada aspek   membedakan meningkat dari 32,86% menjadi 75,5%, mengorganisasi meningkat dari 38,57% menjadi 86%, dan mengatribusi meningkat dari 35,71% menjadi 70,9% setelah diterapkan  problem based learning. Target  penelitian telah tercapai ditunjukkan dari rerata  persentase peningkatan  keterampilan  berpikir analitis  yaitu sebesar
41,7%. Berdasarkan  hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir analitis  dapat ditingkatkan  menggunakan model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran biologi kelas XI MIPA.

Kata kunci : problem based learning, keterampilan berpikir analitis, penelitian tindakan kelas

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riezky Maya Probosari, S.Si., M.Si
2. Dewi Puspita Sari, S.Pd., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA