Penulis Utama : Novi Estu Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0509049
Tahun : 2016
Judul : Perbandingan performansi antara algoritma cosine similarity dengan jaccard similarity untuk pencarian pada portal jurnal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA-Jur. Informatika-M0509049-2016
Subyek : JACCARD SIMILARITY, COSINE SIMILARITY
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Pembuatan artikel ilmiah menjadi prasyarat kelulusan mahasiswa Universitas Sebelas Maret. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan jumlah artikel dalam portal jurnal UNS terus meningkat.  Manajemen portal jurnal yang baik sangat dibutuhkan.
Fungsi pencarian merupakan fungsi yang penting dalam sebuah portal jurnal. Fungsi pencarian yang baik akan memudahkan pengguna dalam mencari jurnal yang diinginkan.
Penelitian ini menggunakan metode Cosine similarity dan Jaccard similarity untuk perhitungan kemiripan pada pencarian. Metode tersebut bertujuan untuk mengetahui precision maupun recall dari fungsi search. Data yang digunakan untuk pengujian adalah kata kunci yang diambil secara acak. Dari uji coba didapatkan hasil bahwa Cosine menghasilkan hasil pencarian yang lebih baik daripada Jaccard, nilai precision Cosine yang tertinggi mencapai 67.47%, dan nilai recall tertinggi yang dicapai adalah 99.91%, sedangkan nilai precision tertinggi Jaccard adalah 53.38?n nilai recall tertingginya adalah 96.88%.

Kata kunci: Jaccard similarity, Cosine similarity, pencarian

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ristu Saptono S.Si, M.T.
2. Rini Anggrainingsih S.T, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA