Penulis Utama : Maya Yunita
NIM / NIP : S861602022
×

Maya Yunita, S861602022. Model Pembelajaran Sejarah Pemikiran Syeikh Muhammad Azhari Al-Palembani Melalui Reflective Learning dan Pendekatan Values Clarification Technique (VCT) untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siwa SMA. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Kopembimbing: Prof. Dr. Sariyatun,  M.Pd.,  M.Hum, Program Studi Magister Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan sikap nasionalisme dan kebutuhan pembelajaran Sejarah Indonesia Wajib di SMA Negeri 2 Palembang; (2) mengembangkan model pembelajaran Sejarah Indonesia Pemikiran Syeikh Muhammad  Azhari  Al-Palembani  (PSMAAP)  untuk  meningkatkan  sikap nasionalisme  siswa;  (3)  menguji  efektifitas  dan  membahas  hasip  pengembangan model PSMAAP. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan model pengembangan Dick and Carey, yang diadaptasikan menjadi empat tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) desain produk, (3) validasi dan evaluasi, dan (4) uji efektifitas.
Hasil tahap analisis kebutuhan ditemukan empat hal yang menjadi kebutuhan bagi guru dan siswa yaitu: (1) perangkat pembelajaran yang belum dilengkapi dengan materi  sejarah   lokal;   (2)   terbatasnya   media   pembelajaran,   selain   itu   variasi kemampuan dan keaktifan siswa; (3) penggunaan model yang kurang optimal; dan (4) rendahnya sikap nasionalisme siswa. Pada tahap desain produk, peneliti mengembangkan  sintak  perangkat  model pembelajaran  beserta  sistem pendukung pembelajaran yaitu handout untuk siswa dan buku panduan guru yang dilengkapi dengan perangkat penilaian.  Kegiatan pembelajaran meliputi langkah: pendahuluan, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, mengkomunikasi, dan refleksi.  Perangkat  penilaian terdiri dari penilaian kognitif,  afektif,  psikomotorik. Peneliti melakukan validasi kepada tim ahli dan ujicoba terbatas terhadap seluruh perangkat   model   pembelajaran   untuk   menguji   kelayakan   model.   Selanjutnya dilakukan revisi hasil validasi untuk mendapatkan model final.
Hasil tahap uji efektifitas model menunjukkan bahwa model PSMAAP dapat
dioperasionalisasikan  dengan  baik.  Sementara  itu,  berdasarkan  uji  independent sample t tes yang diperoleh nilai sebesar 5,854 dengan taraf signifikansi 0,000. Nilai signifikansi 0,000 < 0>

Kata Kunci: model pembelajaran sejarah reflektif, pemikiran Syeikh Muhammad
Azhari Al-Palembani, sikap nasionalisme.

×
Penulis Utama : Maya Yunita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861602022
Tahun : 2018
Judul : Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Pemikiran Syeikh Muhammad Azhari Al-Palembani Melalui Reflective Learning Dan Pendekatan Values Clarification Technique Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi. Pendiidkan Sejarah-S861602022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.