Penulis Utama : Rahadian Arista Dhata
NIM / NIP : G0014191
×

ABSTRAK
Rahadian Arista Dhata, G0014191, 2018. Perbedaan Profil Lipid pada Penderita Infark Miokard Tanpa  Elevasi Segmen ST  dan Dengan  Elevasi  Segmen  ST. Skripsi.  Fakultas Kedokteran,  Universitas  Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang: Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan salah satu penyebab kematian  terbesar. Faktor  risiko utama kejadian  PJK  adalah peningkatan  profil lipid  Low  Density Lipoprotein  (LDL)  dan trigliserida  serta  penurunan   High Density  Lipoprotein  (HDL).  Progresivitas  dari  PJK  dapat diprediksi dengan mengetahui kadar profil lipid tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kadar profil lipid (LDL, HDL, trigliserida, dan kolesterol total) pada pasien NSTEMI dan STEMI.
Metode:  Penelitian  observasional  analitik  dengan  pendekatan  cross sectional, dilakukan  pada bulan Oktober - Desember 2017 di RSUD Dr. Moewardi. Subjek penelitian adalah pasien dengan diagnosis  NSTEMI dan STEMI yang dilakukan pemeriksaan  profil lipid. Pengambilan  sampel  dilaksanakan  secara consecutive sampling dan mendapatkan  sampel sejumlah  44 pasien. Para responden  mengisi lembar  identitas  dan informed consent, dilanjutkan  dengan pertanyaan pelengkap untuk menilai faktor risiko yang dimiliki  oleh pasien. Data pemeriksaan  profil lipid pasien diambil dari rekam medik. Data selanjutnya dianalisis secara statisik menggunakan uji T-test Independent.
Hasil: Dari  hasil Uji  T-test Independent didapatkan    nilai  p  =  0,195 untuk perbedaan rerata kolesterol total, p = 0,358 untuk perbedaan rerata LDL, p = 0,264 untuk perbedaan rerata HDL, serta p = 0,910 untuk perbedaan rerata trigliserida pada pasien NSTEMI dan STEMI.
Simpulan:  Tidak terdapat  perbedaan  bermakna  antara  nilai  rerata  profil  lipid
(kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida) pada pasien NSTEMI dan STEMI.

Kata Kunci:  kolesterol  total,  LDL,  HDL, trigliserida,  infark miokard, elevasi segmen ST

×
Penulis Utama : Rahadian Arista Dhata
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014191
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan Profil Lipid pada Penderita Infark Miokard Tanpa Elevasi Segmen ST dan dengan Elevasi Segmen ST
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Prog. Kedokteran-Rahadian Arista Dhata-G0014191-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Sulastomo, dr., Sp.JP (K), FIHA
2. Jarot Subandono, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.