Penulis Utama : Qodriah Siti Fatmawati
NIM / NIP : S031508017
×

Qodriah Siti Fatmawati. S031508017. 2018. Pengembangan Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural untuk Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. TESIS. Pembimbing I: Dr. Sri Yamtinah, M. Pd., Pembimbing II: Dr. Peduk Rintayati, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret.


ABSTRAK


Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) untuk mengetahui keadaan dan kebutuhan buku ajar tematik tema “Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku” pada kelas 1 sekolah dasar. (2) Untuk mengembangkan buku ajar tematik berbasis sosiokultural tema “Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku” yang layak, valid dan praktis bagi peserta didik kelas 1 sekolah dasar.  (3) Untuk mengetahui keefektifan buku ajar tematik berbasis sosiokultural tema “Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku” bagi peserta didik kelas 1 sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall. Subjek uji coba adalah 5 Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten yang meliputi peserta didik kelas 1 SD Negeri 1 Keden, SD Negeri 2 Tambakboyo, SD Negeri 2 Keden, SD Negeri 3 Keden, dan SD Negeri 1 Sobayan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, analisis dokumen, tes, dan angket. Analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini berupa (1) buku ajar tematik integratif berbasis sosiokultural layak digunakan. Bukti kelayakan produk didasarkan pada penilaian ahli materi diperoleh skor 89,7% kategori “sangat baik”, ahli media diperoleh skor pada aspek penyajian 87,5%, dan aspek kegrafikan 88,75% dengan kategori keduanya “sangat baik”, ahli bahasa diperoleh skor
83,75% kategori “sangat baik” hasil respon guru dengan persentase 91,25% kategori “sangat baik” dan pada hasil respon siswa dengan persentase 90,5% dengan kategori “sangat baik”. (2) Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa buku tersebut efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa. Bukti ini didasarkan pada hasil uji lapangan menunjukkan  p  <  0.05  pada  hasil  belajar,  yang  berarti  terdapat  perbedaan  yang signifikan pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan buku tersebut.

Kata kunci: Buku Ajar, Tematik, Sosiokultural, Sekolah Dasar.

 

×
Penulis Utama : Qodriah Siti Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031508017
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Buku Ajar Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi. Pendiidkan Guru Sejolah Dasar-S031508017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah S.Pd, M. Pd
2. Dr. Peduk Rintayati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.