Penulis Utama : Endang Sulastri
NIM / NIP : D1514041
×

ABSTRAK

Berbagai kegiatan pergudangan perlu mendapat perhatian karena sebagian aset perusahaan   tertanam   di   dalamnya.   Maka   dari   itu,   pengendalian   terhadap persediaan barang sangat penting untuk dilakukan. Pada PT. PLN (Persero) distribusi Jawa Timur Area Madiun, pencatatan administrasi merupakan dasar pengendalian dan dilaksanakan pemeriksaan fisik untuk memastikan persediaan material. Bagian logistik PT. PLN (Persero) Area Madiun telah melaksanakan kegiatan administrasi pergudangan dengan menggunakan sistem informasi yaitu SAP. Tidak jarang masih sering terjadi ketidaksamaan informasi dan ketidakcocokan antara pencatatan dan jumlah fisik barang, sehingga membuat informasi yang ada di gudang tidak efektif dan efisien. Dengan demikian, perlu adanya  pengendalian  persediaan  material  untuk  mengontrol  dan  memonitor jumlah, kualitas, dan pergerakan material tersebut.
Dalam melakukan pengamatan ini penulis menggunakan metode pengamatan observasi berperan aktif. Dimana pengamat tidak hanya perperan pasif sebagai pengamat, tetap memainkan peran yang memungkinkan dalam situasi yang berkaitan dengan pengamatan   yang bisa dimanfaatkan bagi pengumpulan data. Hasil pengamatan ditekankan pada pemaparan objektif dan dijelaskan secara deskriptif tentang keadaan yang sebenarnya, sehingga akan diperoleh informasi yang utuh sesuai dengan gambaran realita yang ada.
Menurut  hasil  pengamatan  mengenai  sistem  pengendalian  persediaan  material pada gudang logistik PT. PLN (Persero) Area Madiun bahwa pengendalian dilakukan  dengan  melalui  administrasi  pengelolaan  material  dan  dipastikan dengan pemeriksaan fisik. Kegiatan administrasi telah mengunakan sistem informasi yaitu System Aplication And Product in Data Prosessing (SAP). Kegiatan administrasi gudang yang berpengaruh pada pengendalian persediaan material diantaranya penerimaan, pengeluaran dan pengembalian material. Dalam pelaksanaannya,  sistem  pengendalian  persediaan  material  tersebut  juga mengamali beberapa kendala. Berdasarkan hasil pengamatan bahwa ada kendala yang muncul, maka sebaiknya bagian  gudang   lebih sering memantau proses release barang, mengunakan kode 7 hanya untuk pengeluran barang yang sangat penting dan mendesak, memaksimalkan pelaksanaan administrasi gudang dengan baik  serta  dilakukan  pemeriksaan  fisik  secara  berkala  sehingga  persediaan material pada gudang dapat terkontrol dengan baik.

Kata Kunci : Gudang Logistik, Pengendalian, Persediaan, Sistem

 

×
Penulis Utama : Endang Sulastri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514041
Tahun : 2017
Judul : Sistem pengendalian persediaan material pada gudang logistik di PT PLN (PERSERO) distribusi Jawa Timur area Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jamil, S.sos, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.