Penulis Utama : Dimas Teja Kusuma
NIM / NIP : K8413022
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pola konsumsi televisi anak di keluarga. (2) Analisis strukturasi tentang strategi orang tua dalam meminimalisir dampak negatif tayangan televisi terhadap anak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Informan yang digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini adalah 3 keluarga dengan kelas berbeda yang bertempat tinggal di Kota Surakarta. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat tiga pola yang membedakan ketiga keluarga kaitanya dengan konsumsi televisi anak. Anak di keluarga pertama memiliki pola konsumsi televisi yang bebas dengan hak akses televisi yang banyak. Anak di keluarga kedua memiliki pola menonton televisi yang sangat teratur dengan hak akses yang kecil. sedangkan anak di keluarga ketiga memiliki pola menonton televisi yang teratur dengan hak akses yang besar. (2) Perbedaan pola anak dalam mengkonsumsi televisi di keluarga tersebut merupakan hasil dari perbedaan strategi dari ketiga keluarga yang berbeda. Ketiga strategi tersebut adalah strategi permisif, otoriter dan otoritatif. Proses penerapan strategi dalam keluarga merupakan proses strukturasi. Artinya proses tersebut juga akan terus menerus terjadi dalam satu ruang dan waktu dan akan berproses kebali pada ruang dan waktu yang berbeda. Aturan yeng berkaitan tentang konsumsi televis tersebut akan diproduksi dan direproduksi terus menerus selama masih terdapat relasi-relasi antara orang tua dan anak dalam keluarga. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan orang tua terhadap anak tersebut tidak akan terus menerus bertahan akan tetapi akan terus berubah dan berkembang dari waktu ke waktu dikarenakan perbedaan ralasi yang terus terjadi.
Kata kunci: televisi, strukturasi, keluarga

×
Penulis Utama : Dimas Teja Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413022
Tahun : 2017
Judul : Strategi orang tua untuk meminimalisir dampak televisi terhadap anak di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8413022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria Liestyasari, S.Ant, M.Hum.
2. Dr. Zaini Rohmad M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.