Penulis Utama : Dinar Permatasari
NIM / NIP : D0112024
×

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik menuju World Class University. Ada banyak penelitian sebelumnya yang menjabarkan berbagai gaya kepemimpinan dengan macam-macam  sudut  pandang  seperti  gaya  kepemimpinan  yang dibandingkan antara laki-laki  dengan  perempuan  ataupun  gaya kepemimpinan  dalam  situasi tertentu. Sedangkan penelitian ini memusatkan pada gaya kepemimpinan perempuan dengan kecenderungan yang otokratis, demokratis, feminin dan atau maskulin.
Dilihat dari tujuan, penelitian ini tergolong Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Adapun teknik pengumpulan data menggunakan cara Eksplanasi Sekuensial   (Sekuensial   Eksplanatoris),   yang   pertama   adalah   penyebaran kuesioner menggunakan skala likert dengan jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Netral (N), Tidak Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS), interview, serta observasi. Sampel menggunakan metode purporsive sampling dan validitas data menggunakan triangulasi sumber. Menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  Dekan  Perempuan  di  Fakultas  Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta memiliki lebih dari satu gaya kepemimpinan yaitu Gaya Kepemimpinan Demokratis, Feminin, Maskulin dan Netral dengan presentase berbeda. Penyebutan netral disini memiliki arti Dekan Perempuan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Univeritas Sebelas Maret Surakarta memiliki kebijakan yang berbeda dengan situasi yang berbeda pada persoalan yang sama atau menyesuaikan karakteristik serta tuntutan pekerjaan. Begitupula mengapa Dekan Perempuan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Univeritas Sebelas Maret Surakarta bisa memiliki lebih dari satu gaya kepemimpinan dengan presentase berbeda.
Dilihat dari gaya yang muncul membuktikan perempuan memiliki sikap communal,  jika  diartikan  dari  segi  positif  memberi  dampak  meningkatnya orientasi seseorang, kolaborasi dan orientasi tim. Sedangkan dilihat dari segi negatif memberi dampak manifestasi subordinasi yang menyatakan perempuan tidak dapat mengambil keputusan penting, sehingga tidak bisa menjadi pemimpin. Disisi lain terlihat bahwa Dekan Perempuan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Univeritas Sebelas Maret Surakarta memenuhi ciri-ciri sebagai pemimpin ideal. Serta dari gaya yang muncul memberikan dampak tersendiri.
Kata kunci : Gaya kepemimpinan perempuan, kepemimpinan demokratis, kepemimpinan maskulin, kepemimpinan feminin, communal

×
Penulis Utama : Dinar Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112024
Tahun : 2019
Judul : Gaya kepemimpinan dekan perempuan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta menuju world class university
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara -D0112024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.