Penulis Utama : Agus Mulyono
NIM / NIP : K4614009
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif pada peserta didik kelas III SD Negeri Tegalrejo Surakarta Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dalam kegiatan pelaksanaannya dibagi menjadi dua siklus, di mana tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi yang  diperoleh peneliti dari guru  dan peserta didik.Teknik  observasi,  tersebut diperoleh dengan melakukan penilaian dan pencatatan terhadap kemampuan peserta  didik  pada  tiap  siklus  serta  dokumentasi.  Pengujian  validitas  data dilakukan dengan metode triangulasi data. Analisis data menggunakan metode deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan teknik presentase.
Kondisi awal peserta didik yang tuntas sebanyak13 peserta didik (41.93%) yang belum tuntas berjumlah 18 peserta didik (58.06%), peningkatan terus terlihat sepanjang siklus pertama dan kedua. Siklus kedua menunjukan peserta didik yang tuntas berjumlah 27 peserta didik(87.10 %) yang belum tuntas berjumlah 4 peserta didik atau (12.90%), target ketuntasan dalam penelitian ini adalah 80% dan ketuntasan hasil belajar pada siklus kedua 87.10%, maka tidak perlu dilanjutkan di siklus selanjutnya.
Simpulannya, hasil analisis data menyatakan bahwa penggunaan alat bantu pada peserta didik memberikan dampak yang positif dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif peserta didik kelas III SD Negeri Tegalrejo tahun pelajaran 2018/2019.


Kata Kunci : Alat bantu pembelajaran, hasil belajar kemampuan gerak dasar manipulatif.

×
Penulis Utama : Agus Mulyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614009
Tahun : 2019
Judul : Upaya peningkatan hasil belajar gerak dasar manipulatif menggunakan alat bantu pembelajaran pada peserta didik kelas III SD Negeri Tegalrejo No. 98 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prodi Penjaskes-K4614009-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.