Penulis Utama : M. Faza Ilma Maulana
NIM / NIP : I0314060
×

Pengendalian  persediaan suku  cadang sangatlah penting terhadap jalannya proses produksi di suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan di PT. Sari Warna Asli Tekstil dimana masih belum memperdulikan masalah ketersediaan suku cadang. Klasifikasi suku cadang diterapkan pada penilitian untuk menentukan suku   cadang   kategori   sangat   penting,   kemudian   dilakukan   pengendalian persediaan sehingga perusahaan tidak mengeluarkan banyak anggaran   akibat meladeni  seluruh  jenis  ketersediaan  suku  cadang  dan  mesin  produksi  tetap berjalan secara optimal.
Klasifikasi dilakukan dengan menggunakan metode ABC-Fuzzy classification, dilanjutkan menentukan peramalan permintaan suku cadang bulan depan berdasarkan data historis, kemudian menentukan tingkat persediaan optimal dengan menggunakan metode continuous review.
Hasil klasifikasi dengan menggunakan ABC-Fuzzy classification diketahui terdapat 27 suku cadang untuk kategori sangat penting dari 176 suku cadang. Peramalan permintaan hanya untuk 13 suku cadang dengan minimal frekuensi permintaan sedikitnya lima kali. Total biaya persediaan optimum yang harus dikeluarkan yaitu Rp 432.109,- untuk 13 suku cadang yang termasuk dalam kategori sangat penting dengan menggunakan metode continuous review.

Kata  Kunci  :  Pengendalian  persediaan,  ABC-Fuzzy  classification,  peramalan,

continuous review.

 

×
Penulis Utama : M. Faza Ilma Maulana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0314060
Tahun : 2019
Judul : Pengendalian persediaan suku cadang mesin dengan menggunakan metode abc-fuzzy classification dan metode continuous review (studi kasus : PT. Sari Warna Asli Textile
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog Studi Teknik Industri-I00314060-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wakhid Ahmad Jauhari, S.T., M.T.
2. Dr. Cucuk Nur Rosyidi, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.