Penulis Utama : Yusuf Gumilar
NIM / NIP : H0813181
×

RINGKASAN

Yusuf  Gumilar,  H0813181.  2018.  Studi  Komparatif  Usahatani Padi Sistem  Tanam   Jajar Legowo  dengan  Sistem  Tanam   Tegel  di  Kecamatan Jaten  Kabupaten Karanganyar. Dibimbing oleh Prof. Dr.Ir Suprapti Supardi M.P dan Susi Wuri Ani, S.P., M.P. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Kabupaten   Karanganyar   yang   terkenal   dengan   pertanian   dan   hasil pertanian  yang cukup banyak, pada akhir tahun 2016 kabupaten ini memiliki Kampung Jajar Legowo (Jarwo) Super, yang berada di area persawahan Desa Jati, Kecamatan Jaten. Namun kendati demikian, masih ditemukan beberapa desa yang belum menggunakan sistem tanam ini. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbandingan (komparasi) pendapatan, produkstivitas dan efisiensi dari sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam tegel di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.
Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar dilakukan secara purposive dan dengan berbagai pertimbangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat  analisis  data  yang digunakan adalah  (1) analisis pendapatan usahatani padi sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam tegel; (2) analisis produktivitas usahatani padi sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam tegel; (3) analisis efisiensi usahatani padi sistem tanam jajar legowo dan sistem tanam tegel; (4) uji komparatif sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam tegel menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan: (1) pendapatan yang diperoleh dari usahatani sistem tanam jajar legowo sebesar Rp. 10.195.788/ha/MT dan pendapatan dari usahatani padi sistem tanam tegel sebesar Rp. 6.917.850/ha/MT; (2) Efisiensi dari usahatani padi sistem tanam jajar legowo sebesar 1,77 dan usahatani padi sistem tanam tegel  sebesar 1,49; (3) Produktivitas usahatani padi sistem tanam jajar legowo sebesar 62,66 kw/ha dan produktivitas pada usahatani padi sistem tanam tegel 57,38 kw/ha; (4) Hasil uji t-test menunjukan perbedaaan pendapatan, produktivitas  dan  efisiensi  usahatani  padi  antara  sistem  tanam  jajar  legowo dengan sistem tegel.
Dari hasil penelitian  ini dapat disimpulkan bahwa pendapatan, produktivitas dan efisiensi usahatani padi sistem tanam jajar legowo lebih tinggi dibandingkan  pendapatan,  produktivitas,  dan  efisiensi  usahatani  sistem  tanam tegel. Setelah diuji secara statistik, pendapatan, produktivitas dan efisiensi kedua sistem tanam ini berbeda

×
Penulis Utama : Yusuf Gumilar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813181
Tahun : 2017
Judul : Studi Komparatif Usahatani Padi Sistem Tanam Jajar Legowo Dengan Sistem Tanam Tegel Di Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian-Prog. Agribisnis-H0813181-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.Ir Suprapti Supardi M.P
2. Susi Wuri Ani, S.P., M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.