Penulis Utama : Kevin Fabiano
NIM / NIP : K5613038
×

ABSTRAK

Kevin Fabiano. K5613038. PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA PARALYMPIC CABANG OLAHRAGA ATLETIK PADA PERSIAPAN ASEAN PARAGAMES KE 9 TAHUN 2017 (Deskripsi Tentang Pembinaan dan Prestasi Cabang Olah Raga Atletik NPC Indonesia). Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2017.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pembinaan olahraga paralympic cabang olahraga atletik Indonesia. (2) persiapan cabang olahraga Atletik menghadapi Asean Paragames  Ke 9. (3) perkembangan prestasi olahraga paralympic cabang olahraga atletik Indonesia
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskirptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah NPC Indonesia. Pada penelitian ini dikaji tentang pembinaan dan prestasi cabang olahraga atletik NPC Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik (1) observasi atau pengamatan, (2) wawancara dan (3) analisis arsip selanjutnya diolah, diinterpretasikan dengan memfokuskan penajaman makna yang dilukiskan dalam kata-kata.. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data.
Kesimpulan: (1) pembinaan cabang olahraga atletik NPC Indonesia saat ini baik karena pembinaan yang berjalan dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Pembinaan yang dilakukan mengacu terhadap organisasi paralympic nasional dan proses pembinannya dilakukan secara berkelanjutan. Pembinaan yang dilakukan seperti kepengurusan yang sudah memiliki agenda-agenda kegiatan baik agenda untuk organisasi dan kegiatan untuk olahraga paralympic, serta dukungan atau bantuan pemerintah baik daerah dan pusat juga baik. (2) Penyediaan sarana dan prasarana cukup memadai ini terlihat dari penggunaan tempat latihan. NPC Indonesia menggunakan tempat latihan yang dimiliki oleh pemerintah Kota Surakarta seperti stadion, gor dan gedung olahraga. Selain itu aletik NPC Indonesia mempunyai sarana latihan seperti  bola, net, dumbel, gawang dan sebagainya, yang dalam penggunaanya tidak usah menyewa karena ini adalah milik sendiri. (3) Prestasi atlet yang dihasilkan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat baik. Cabang olahraga atletik NPC indonesia sekarang menjadi penyumbang atlet dan medali paling banyak dalam timnas atlet difabel Indonesia. Prestasi yang dihasilkan juga sangat baik mulai dari tingkat nasional dan internasional.

Kata Kunci: Sistem Pembinaan, Prasarana dan Sarana, Prestasi Atlet, NPC Indonesia

 

×
Penulis Utama : Kevin Fabiano
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613038
Tahun : 2017
Judul : Pembinaan Prestasi Olahraga Paralympic Cabang Olahraga Atletik Pada Persiapan Asean Paragames Ke 9 Tahun 2017 ( Deskripsi Tentang Pembinaan dan Prestasi Cabang Olahraga Atletik NPC Indonesia )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Progdi. Pendidikan Kepelatihan dan Olah Raga-2017 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapta Kunto Purnama, M.Pd
2. Slamet Widodo, S.Pd.,M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.