Penulis Utama : Muhammad Nur Kholis Mughofar
NIM / NIP : S841608015
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  dan  menjelaskan  jenis- jenis   dan fungsi tindak tutur dalam proses Family Development Sesion (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Boyolali dan Relevansinya dengan pembelajaran mata kuliah pragmatik di Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Kegiatan FDS merupakan sebuah intervensi perubahan perilaku yang diberikan bagi peserta PKH.  FDS merupakan proses belajar secara terstruktur untuk meningkatkan keterampilan hidup masyarakat miskin di bidang ekonomi, pendidikan anak, kesehatan, dan perlindungan anak.
Penelitian  ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan strategi analisis yang digunakan adalah strategi deskriptif kualitatif. Pendekatan sosiopragmatik digunakan untuk menjawab permasalahan dan menginterpretasikan maksud dari tuturan  atau  percakapan  yang dilakukan  Fasilitator  (Pendamping Sosial)    dan Peserta (Keluarga Penerima Manfaat) dalam proses kegiatan FDS PKH di Kabupaten  Boyolali  dengan  mempertimbangkan  konteks situasi  tutur.  Sumber data yang digunakan adalah sumber data lisan yang berwujud tuturan antara fasilitator dan peserta dalam FDS. Selain itu, sumber data dalam penelitian ini adalah  informan  dan  analisis  dokumen.  Informan  dalam  penelitian  ini  adalah dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UNS dan Tadris Bahasa Indnesia IAIN Surakarta sebagai informan terkait relevansi dalam pembelajaran pragmatik di perguruan tinggi. Dokumen dalam penelitian ini adalah transkrip video yang berisi proses kegiatan FDS serta transkrip hasil wawancara informan.Validitas data menggunakan   teknik triangulasi sumber data dan triangulasi review informan. Teknik analisis data dilakukan dengan data dikumpulkan berdasarkan kesamaan karakteristik objek yang dikaji, yaitu tindak tutur kemudian dilakukan analisis data menggunakan metode padan ekstralingual.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Jenis tindak tutur yang digunakan oleh  pendamping sosial sebagai  fasilitator  dan  peserta  FDS sangat  bervariasi. Tindak  tutur  yang  ditemukan,  yakni  tindak  tutur  asertif,  direktif,  ekspresif, komisif,  perforamtif,  verdiktif  dan  fatis;  (2)  hasil  dari  penelitian  tindak  tutur dalam proses FDS sangat relevan untuk pembelajaran mata kuliah peragmatik pada Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi dan  dapat digunakan sebagai contoh konkret kajian pragmatik di masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah.
Kata Kunci: Tindak Tutur, Sosiopragmatik, FDS

×
Penulis Utama : Muhammad Nur Kholis Mughofar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841608015
Tahun : 2019
Judul : Tindak tutur pada Family Development Session (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten Boyolali dan relevansinya dengan pembelajaran mata kuliah pragmatik di perguruan tinggi (sebuah kajian sosiopragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841608015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd Prof.
2. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.