Penulis Utama : Irvan Fauzi Nurani
NIM / NIP : K5612044
×

ABSTRAK

Irvan Fauzi Nurani. K5612044. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN DESAIN PEMBELAJARAN ASSURE PADA SISWA KELAS X3 SMA MUHAMMADIYAH IMAM SYUHODO TAHUN  PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar passing bawah sepakbola menggunakan model pembelajaran ASSURE Pada Siswa kelas X3 SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016 / 2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan  dalam dua siklus, dengan  setiap  siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan, observasi,  dan  refleksi. Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas X3 SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016 / 2017 semester II Tahun  Pelajaran  2016/2017, sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam PTK ini adalah  teknis tes dan  observasi, pengambilan  data melalui tes sebelum dan sesudah diadakan tindakan menggunakan model pembelajaran ASSURE  pada materi gerak dasar passing bawah sepakbola. Observasi dilakukan untuk  mengamati  perubahan  perilaku  siswa pada setiap  siklus.  Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Desain ASSURE dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar passing  bawah sepakbola pada siswa kelas X3 SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo dari pratindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Hasil analisis yang diperoleh dari hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 65% atau 13 siswa sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mancapai 85% atau 17 siswa dari jumlah seluruh siswa yaitu 20 siswa. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 76,43 pada siklus I meningkat menjadi  79,41  pada  siklus  II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: Penggunaan desain pembelajaran  ASSURE dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar passing bawah sepakbola pada siswa kelas X3 SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata kunci : passing bawah sepakbola, model pembelajaran ASSURE

 

 

 

×
Penulis Utama : Irvan Fauzi Nurani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612044
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Menggunakan Desain Pembelajaran Assure Pada Siswa Kelas X3 Sma Muhammadiyah Imam Syuhodo Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Kepelatihan dan Olah Raga-K5612044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanto, M.Pd
2. 2. Fadhilah Umar, S.Pd,M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.