Penulis Utama : Puput Adistya Pratiwi
NIM / NIP : D0315049
×

Abstrak

Pemberantasan   kemiskinan   masih   menjadi   prioritas   utama   karena berkaitan dengan kesejahteraan ekonomi masyarakat untuk itu perlu adanya pemberdayaan. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan strategi dan proses pemberdayaaan   serta   menggambarkan  perubahan  kesejahteraan   KPM  PKH setelah mengikuti pemberdayaan KUBE. Teori yang digunakan adalah teori Pemberdayaan Masyarakat dengan pendekatan 5P. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPM PKH yang tergabung dalam KUBE ini tergolong dalam pemberdayaan dalam asas atau matra mezzo, yakni pemberdayaan dilakukan dengan menggunakan kelompok. Dalam pemberdayaan strategi   yang   dilakukan   berupa   sosialisasi,   pendampingan   kelompok   dan kemitraan yang sudah berjalan sesuai yang diharapkan. Namun, masih ada beberapa yang perlu dikembangkan lagi agar semua elemen dapat berjalan dengan optimal. Pendampingan dalam pemberdayaan KUBE ini menjadi strategi yang sangat penting karena dapat menjadikan pemberdayaan semakin berkembang dan selalu melibatkan pihak yang diberdayakan. Adanya KUBE ini dapat membuat KPM  menjadi  lebih  mampu  dan  memliki  kepercayaan  serta  motivasi  mereka bahwa mereka bisa dan mampu untuk menjalankan dan mengambangkan usaha yang sudah ada.

Terbentuknya KUBE ini membuat KPM sudah berani untuk memutuskan pendapat saat pendampingan dan sudah memiliki sedikit pengalaman dalam berusaha dibandingkan sebelumnya. Sedikit banyak KPM sudah memiliki ketrampilan dan pengetahuan cara menjalankan usaha dan bagaimana pengembangan  usaha  karena  adanya  pendampingan  setiap  bulan  dari  pekerja sosial. Dalam perubahan kesejahteraan ekonomi KPM setelah tergabung dalam KUBE sudah meningkat dan KPM sudah menjadi madiri dan lebih berdaya dibandingkan sebelum mengikuti program KUBE. KPM sudah mampu menghasilkan uang sendiri tampa bergantung dari orang lain yang diperoleh dari hasil usaha program  KUBE dan sudah mampu mengelola hasil usaha mereka untuk dijadikan sebagai modal usaha dan untuk dibagikan sebagai hasil usaha.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan, Keluarga Penerima Manfaat, Kelompok Usaha

Bersama, Program Keluarga Harapan.

 

×
Penulis Utama : Puput Adistya Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0315049
Tahun : 2019
Judul : Strategi kelompok usaha bersama dalam pemberdayaan keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (studi kasus di kelurahan Taman kota Madiun)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Ilmu Sosiologi-D0315049-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Zuber, S.Sos, D.E.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.