Penulis Utama : Nuraini Dwi Astuti
NIM / NIP : D1514079
×

ABSTRAK

Impor Pengadaan suku cadang mesin berperan penting dalam membantu memenuhi kebutuhan suku cadang mesin yang tidak didapatkan di dalam negeri. PT. Kusumahadi Santoso sebagai perusahaan tekstil tentu perlu menjamin ketersediaan tidak hanya bahan baku tetapi juga suku cadang mesin guna kegiatan produksi tetap lancar. Agar pengadaan suku cadang mesin dapat berjalan dengan efektif dan efisien, maka dibutuhkan suatu prosedur sebagai pedoman dalam pelaksanaanya agar baik dan benar. Pengamatan ini bertujuan untuk menambah ilmu bagi penulis dan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan.
Jenis   pengamatan   yang   digunakan   dalam   pengamatan   ini   adalah pengamatan deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan secara rinci pelaksanaan impor pengadaan suku cadang mesin. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara wawanca,observasi dan mengkaji dokumen dan arsip dengan informan di bagian logistik PT. Kusumahadi Santoso.
Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah prosedur impor pengadaan suku cadang mesin dimulai dari permintaan yang dilakukan oleh user. Kemudian Manager Logistik menerima permintaan harga dan kuantitas suku cadang mesin, kemudian diteruskan kebagian pengadaan 1 untuk melakukan pembelian sampai dengan pembuatan pesanan pembelian yang kemudian untuk prosedur impor yang dilakukan berdasarkan prosedur yang telah diatur dalam INSW. Penyimpanan dan pendistribusian barang (suku cadang) dilakukan oleh PT. Kusumahadi Santoso di Gudang Logistik. Pelaksanaan prosedur impor suku cadang mesin di PT. Kusumahadi Santoso sudah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat  dengan  adanya  pembagian  tugas  dan  tanggung  jawab  masing-masing fungsi  serta  telah  dilengkapi  dengan  dokumen  yang  dapat dipertanggungjawabkan.

Kata Kunci: Impor, Pengadaan, Suku Cadang Mesin.

 

×
Penulis Utama : Nuraini Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514079
Tahun : 2017
Judul : Prosedur impor pengadaan suku cadang mesin di PT. Kusumahadi Santoso Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514079-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.