Penulis Utama : Paskalis Wahyu Haryawan
NIM / NIP : D0413038
×

ABSTRAK

Upaya diplomasi publik Brazil dalam membangun citra positif negara melalui penyelenggaraan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016 merupakan topik utama yang dikaji dalam penelitian ini. Upaya tersebut dianalisis dari aspek aktivitas serta  peran diplomasi publik yang dilakukan oleh pemerintah Brazil.
Penelitian     ini     menggunakan     pendekatan     kualitatif     dengan     teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, analisis dan kemudian penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kerangka pemikiran penelitian ini berangkat dari analisis implementasi konsep soft power, diplomasi publik dan pencitraan negara.
Hasil  penelitian  menunjukan  bahwa  upaya  diplomasi  publik  Brazil  dalam membangun citra positif negara melalui penyelenggaraan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016 dilakukan melalui tiga dimensi aktivitas diplomasi publik yaitu manajemen berita, komunikasi strategis, serta pembangunan relasi. Selanjutnya, penulis melakukan analisa mengenai peran yang ditimbulkan dari aktivitas diplomasi publik yang dilakukan pemerintah Brazil melalui penyelenggaraan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016 antara lain meningkatkan familiaritas, meningkatkan apresiasi, menarik masyarakat, serta mempengaruhi perilaku orang lain.

Kata kunci: Diplomasi Publik, Piala Dunia 2014, Olimpiade 2016

 

×
Penulis Utama : Paskalis Wahyu Haryawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0413038
Tahun : 2017
Judul : Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Internasional-D0413038-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Randhi Satria,S. IP, M.A,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.