Penulis Utama : Magdalena Dwi Wahyuni
NIM / NIP : S521408001
×

Latar Belakang : Prevalensi anemia dan eklampsia pada wanita hamil masih cukup tinggi. Berdasarkan Riskesdas 2013, terdapat 37,1% ibu hamil anemia, yaitu ibu hamil dengan kadar Hb kurang dari 11,0 gram/dl. Anemia dan eklampsia akibat hipertensi pada ibu  hamil merupakan faktor penyumbang terhadap angka kematian ibu.   Kelas ibu hamil merupakan sarana edukasi kelompok terhadap ibu-ibu hamil tentang hal-hal yang terjadi selama proses kehamilan dan persalinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh edukasi kelompok dalam kelas ibu hamil terhadap kadar hemoglobin dan tekanan darah ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Wonosari II Klaten.

Subyek dan Metode : Penelitian dilakukan di Puskemas Wonosari II Klaten dengan subyek penelitian ibu hamil sebanyak 50 orang yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu 25 orang kelompok  kontrol  (  tidak  ikut  serta  dalam  kelas  ibu  hamil  )  dan  25  orang kelompok  intervensi  (   ikut  serta  dalam  kelas  ibu  hamil  ).  Desain  penelitian menggunakan  randomised  control  trial  dengan  pendekatan  pretest–posttest  with control design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah materi edukasi, kuesioner, Hb  stik  test  dan  tensimeter  digital.  Penelitian  dilakukan  selama  30  hari  untuk mengetahui efek dari perlakuan. Untuk menganalisis pengaruh antara variabel edukasi kelompok  terhadap  kadar  hemoglobin  dan  tekanan  darah  digunakan  uji  Wilcoxon Signed Rank tests oleh karena distribusi data tidak normal.

Hasil : Dari hasil uji Wilcoxon didapatkan bahwa tidak ada perbedaan rerata kadar hemoglobin yang bermakna pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah perlakuan ( p
= 0,068 ). Pada kelompok intervensi didapatkan ada perbedaan rerata kadar hemoglobin sebelum dan sesudah perlakuan ( p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>0,083).

Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan edukasi kelompok dalam kelas ibu hamil terhadap kadar hemoglobin ibu hamil, namun tidak ada pengaruh edukasi kelompok dalam kelas ibu hamil terhadap tekanan darah pada ibu hamil

Kata kunci : kelas ibu hamil, kadar hemoglobin, tekanan darah

×
Penulis Utama : Magdalena Dwi Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S521408001
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh edukasi kelompok dalam kelas ibu hamil terhadap kadar hemoglobin dan tekanan darah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Kedokteran Keluarga-S521408001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. DR. Didik Tamtomo, dr., PAK, M.M., MKes, SpDLP
2. DR. Eti Poncorini, dr., MPd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.