Penulis Utama : Ayu Shinta Saraswati
NIM / NIP : K7115035
×

Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang diajar dengan metode Six Thinking Hats dan peserta didik yang diajar dengan metode Brainstorming; (2) mengetahui perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal tinggi dan peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal rendah, dan (3) mengetahui interaksi antara metode pembelajaran dan Locus of Control Internal terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi.
Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimental semu (quasi experimental) pada desain factorial 2x2. Populasi yang diteliti adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling.  Sampel yang mewakil populasi adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kleco I dan SD Negeri Bratan II. Data keterampilan menulis karangan argumentasi dikumpulkan dengan teknik tes berbentuk soal uraian bebas (mengarang) dan data locus of control internal dikumpulkan dengan teknik nontes berbentuk angket. Data dianalisis menggunakan analisis variansi dua jalan pada tingkat signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang diajar dengan metode Six Thinking Hats dan peserta didik yang diajar dengan metode Brainstorming dengan nilai  FA= 11.1345093 > F(0,05;1,62) = 4; (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi antara peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal tinggi dan peserta didik yang memiliki Locus of Control Internal rendah dengan nilai FB= 5.76629985> F(0,05;1,62) = 4; (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan Locus of Control Internal terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi dengan nilai  FAB = -0.9813857

Kata Kunci : Six Thinking Hats, Brainstorming, Locus of Control Internal, keterampilan menulis karangan argumentasi

 

×
Penulis Utama : Ayu Shinta Saraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115035
Tahun : 2019
Judul : Studi Komparasi Metode Six Thinking Hats dan Metode Brainstorming terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Ditinjau dari Locus of Control Internal (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Drs. Sadiman M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.