Penulis Utama : Nur Ahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T811208005
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan model pembelajaran holistik untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran sejarah SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Pendidikan-T811208005-2019
Subyek : PEMBELAJARAN HOLISTIK
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran sejarah dan pendidikan karakter siswa SMA se-Kota Palembang; (2) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan dan mengetahui tingkat validitas model pembelajaran holistik untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran sejarah yang valid  di SMA se-Kota Palembang;  (4) mengetahui tingkat keefektifan model pembelajaran holistik untuk peningkatan karakter dalam pembelajaran sejarah.
         Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D), prosedur penelitian terdiri dari tiga langkah, yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan keefektifan model. Responden  adalah guru dan siswa SMA se-Kota Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan angket. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data hasil studi pendahuluan. Analisis data pada uji coba terbatas dan uji coba luas digunakan analisis gain ternormalisasi pada hasil belajar dan skor karakter. Keefektifan model digunakan analisis uji beda t-tes dan satatistik non parametrik dengan uji Mann-Whitney U (SPSS), untuk mengetahui keefektifan model dengan membandingkan postes kelas eksperimen dengan postes kelas  kontrol, baik pada hasil belajar maupun skor karakter. Sampel penelitian berasal dari SMA Negeri 11 Palembang, SMA Negeri 13 Palembang, SMA Negeri 15 Palembang, SMA Negeri 22 Palembang, SMA Muhammadiyah 2 Palembang,  SMA PGRI 2 Palembang, dan SMA Nurul Iman Palembang.
        Hasil Penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran sejarah dan pendidikan karakter  belum efektif dan inovatif; (2) langkah pengembangan: (a) tahap pendahuluan meliputi studi literatur, studi lapangan, dan merumuskan draf awal model, (b) tahap pengembangan meliputi validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba luas, (c) keefektifan model;  Validitas model: (a) validitas ahli terdiri dari ahli model pembelajaran rata-rata 78% (layak), ahli pembelajaran (silabus) 78% (layak), (RPP) 79,16% (layak), ahli materi 83,78% (layak), ahli pendidikan karakter 75,11% (layak), buku guru 78,83% (layak), dan buku siswa 75,11% (layak). Hasil pengembangan model, pada uji terbatas terbukti memenuhi keterlaksanaan  model, pada uji coba luas terbukti memenuhi keterterapan model; (4) Model pembelajaran holistik efektif untuk meningkatkan karakter siswa dalam pembelajaran sejarah, dibuktikan pada hasil uji-t baik pada  hasil belajar sejarah maupun skor karakter yang menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,00<0>

Kata Kunci: Pengembangan model Holistik, Pembelajaran Sejarah, Karakter

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : 202002242156251007.jpg
1. Cover.pdf
bab_1.pdf
bab_2.pdf
bab_3.pdf
bab_4.pdf
bab 5_1.pdf
dapus_1.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd
2. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd
3. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana