Penulis Utama : Nurmala Dewi
NIM / NIP : S641508009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi petani terhadap program Asuransi Usahatani Padi (AUTP), dan mengetahui besar estimasi kesediaan petani membayar premi AUTP di Kabupaten Karawang serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dari dua  desa  yang  berasal  dari  dua  kecamatan  yaitu  Desa  Kutapohaci  di  Kecamatan Ciampel dan Desa Lemahkarya di Kecamatan Tempuran.
Petani di lokasi penelitian didominasi oleh golongan usia tua (45-59 tahun) dalam  melaksanakan  usahataninya  (54%).  Berjenis  kelamin  laki-laki  (73%)  dan menikah (87%). Pendidikan responden sebagian besar (40%) tamatan SD. Lahan yang dimiliki sebagian besar petani (39%) adalah seluas 0.5-1 Ha dengan pengalaman terbanyak antara 21-40 tahun (61%). Pola tanam  dominan adalah padi-padi-bera.
Petani di Kabupaten Karawang memiliki kesediaan untuk membayar premi AUTP. Terdapat 44% petani responden yang bersedia membayar premi AUTP, nilai rata-rata kesediaan membayar premi AUTP yaitu sebesar Rp.42.480/ha/musim tanam, lebih besar dari nilai premi swadaya AUTP yang ditetapkan pemerintah saat ini yaitu Rp.36.000/ha/musim  tanam,  dengan  nilai  WTP  sebesar  Rp.42.480/ha/MT  petani
berharap juga ada kenaikan manfaat klaim menjadi sebesar Rp.7.080.000
Berdasarkan analisis regresi berganda faktor yang berpengaruh terhadap nilai Willingness to Pay (WTP) petani terhadap program AUTP adalah variabel pendidikan, luas lahan, status lahan dan pendapatan (pada taraf nyata 5 persen). Sedangkan, berdasarkan  hasil  analisis  logit  diketahui  faktor-faktor  yang  dapat  meningkatkan peluang petani mengikuti program AUTP secara swadaya dengan membayar premi AUTP adalah nilai WTP dan pendapatan. Nilai WTP yang diungkapkan petani dalam penelitian ini lebih tinggi dari premi swadaya yang ditentukan pemerintah, hal tersebut menyiratkan harapan petani agar pemerintah dapat meningkatkan manfaat klaim yang akan diterima petani jika mengalami gagal panen menjadi sebesar Rp7.080.000/ha/musim tanam karena manfaat klaim yang ditetapkan pemerintah saat ini yaitu sebesar Rp6.000.000/ha/musim tanam dirasa kurang dan belum mampu menutupi modal yang dibutuhkan petani untuk memulai lagi usahataninya. Petani dengan pendapatan yang tinggi lebih berpeluang mengikuti program asuransi, pendapatan yang tinggi dapat diraih petani jika pada saat panen petani mendapatkan harga jual yang tinggi, sehingga dengan demikian diharapkan peran pemerintah dalam menjamin kestabilan harga yang diterima petani, terutama pada saat panen.

Kata kunci : willingness to pay, asuransi usahatani padi, contingent valuation method

×
Penulis Utama : Nurmala Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S641508009
Tahun : 2019
Judul : Analisis kesediaan membayar premi asuransi usaha tani padi di kabupaten Karawang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Agrisbisnis-S641508009-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M. S
2. Dr. Ir. Kusnandar, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.